Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

RSU FL. TOBING SIBOLGA KINI MILIKI ECHOCARDIOGRAPH DAN ALAT USG OBGYN 4 DIMENSI

SIBOLGA – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi pasien,  Rumah Sakit Umum (RSU) Dr FL Tobing Sibolga mulai berbenah dengan melengkapi peralatan medisnya. Dan saat ini RSU Dr FL Tobing Sibolga telah memiliki alat Echocardiograph dan alat  USG Obgyn 4 dimensi terbaru. Hal ini diungkapkan Plt. Direktur PPK BLUD RSU FL. Tobing Sibolga dr H. Masrip Sarumpaet, M.Kes kepada Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang dan anggota Komisi III DPRD Kota Sibolga Hendra Syaputra, SE saat berkunjung ke RSU Dr. FL. Tobing usai menutup bulan bhakti IBI-KB-Kesehatan Kota Sibolga, Selasa (26/7) kemaren.

“Selama ini alat-alat di RSU FL Tobing Sibolga nggak lengkap, sehingga sekarang kita melengkapinya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dan diharapkan dengan adanya alat ini, semakin meningkat ketepatan diagnosa dan semakin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien,”ucap Masrip.

Masrip Sarumpaet mengatakan, bahwa alat Echocardiograph merupakan suatu alat pemeriksaan yang memberikan gambaran dan merekam gambar jantung yang sedang berdenyut untuk memvisualisasikan gambaran struktur dan fungsi jantung dilayar monitor, sehingga dapat dianalisa keadaan bagian dalam jantung.

“Seluruh kondisi dalam jantung baik itu katup-katup, aliran-alirannya serta ada tidaknya kelainan jantung, semuanya bisa dilihat sendiri pada layar monitor pada alat Echocardiograph ini, sehingga dengan alat ini terdeteksi lebih awal kondisi dan kemampuan jantung kita,” ungkapnya.

Lanjut Masrip, USG Obgyn 4 dimensi adalah alat pemeriksaan yang bertujuan untuk melihat bagian dalam tubuh. Pemeriksaan ini paling sering digunakan untuk melihat kondisi kandungan dan janin. Dengan USG 4 dimensi, bentuk dan gerakan bayi dapat dilihat dan direkam.

“Dengan alat USG Obgyn 4 dimensi yang canggih ini terlihat jelas bentuk janin yang ada. Sehingga bila ada kelainan-kelainan perkembangan, dan letak janinnya, bisa terdeteksi lebih awal,” katanya.

Masih dikatakan Masrip, di rumah sakit yang ada Sibolga dan Tapanuli Tengah, untuk 2 alat canggih tersebut, hanya dimiliki oleh RSU FL. Tobing Sibolga. Dan sesuai dengan visi dan misi RSU FL Tobing Sibolga, yakni akan menjadi rumah sakit rujukan terdepan di pantai barat.

“Saat ini peralatan di RSU FL Tobing Sibolga mulai dilengkapi, diantaranya di kamar operasi telah ada lampu operasi, meja operasi, cuter (alat pemotong jaringan) agar tidak terjadi pendarahaan, tempat tidur di ruang VIP, tempat tidur di ruang ICU dan alat mesin anastesi. Dan pengadaan pembelian alat-alat tersebut melalui E-Katalog,”ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang didampingi Kaban KB dan PP dr.Y. Banjarnahor bersama Komisi III DPRD Kota Sibolga Hendra Syaputra, SE, mengunjungi langsung pasien pasca operasi tubektomi atau medis operatif wanita (MOW) yang dilaksanakan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta memberikan bantuan beras sebanyak 25 kg secara simbolis kepada pasien.       (amir/hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X