Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Dinsos Gelar Senam Sehat, Pengobatan Gratis dan Penyerahan Bantuan Bagi Warga Lansia Kota Sibolga

SIBOLGA Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-21 Kota Sibolga Tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Sosial Kota Sibolga menggelar senam sehat, pengobatan gratis dan penyerahan bantuan beras dan kacamata gratis bagi para lansia, di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Selasa (17/7).

Sekda Kota Sibolga Drs. M Sugeng MM saat menghadiri kegiatan tersebut, membacakan sambutan Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Sibolga pada tahun ini dalam rangka memperingati hari lansia melaksanakan kegiatan senam lansia dan pengobatan gratis bagi lanjut usia. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap warga lansia. Sebab fakta di lapangan kita lihat dan mendengar dari lansia sendiri, mereka menganggap bahwa mereka sering tidak diperhatikan dan dianggap sebagai orang terbuang. Sehingga dengan adanya program ini mampu menepis anggapan tersebut,” kata Sugeng.

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat akan berdampak pada usia harapan hidup. Kondisi itu akan berdampak pada semakin banyaknya warga lansia, sehingga penanganannya juga harus lebih serius, sehingga para lansia ini tetap hidup bahagia dan berkarya.

Masih dikatakan Sugeng, warga lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada mereka, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, yang meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, bantuan hukum, perlindungan sosial.

“Dengan kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini hendaknya tidaklah sampai disini, akan tetapi berkelanjutan pada kegiatan tahun-tahun mendatang. Dengan demikian bentuk rasa kepedulian kita terhadap lanjut usia akan tetap terpelihara dengan baik,” ucapnya Sugeng mengakhiri sambutan Wali Kota Sibolga.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Amir B Laoli dalam laporannya menyampaikan, bahwa thema kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-21 Kota Sibolga Tahun 2017 adalah “Sehat, Produktif dan Sejahtera Sebagai Syarat Pembangunan Berkelanjutan”. Dengan jumlah lansia yang ikut berpartisipasi pada pada kegiatan tersebut adalah sebanyak 400 orang, ucap Amir Laoly. (amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X