Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PENDAFTARAN SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA RESMI DITUTUP, 34 ASN MENDAFTAR

SIBOLGA – Setelah dibuka selama 12 hari sejak tanggal 23 Maret 2018, masa perpanjangan pendaftaran seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga Tahun 2018 akhirnya berakhir pada hari Selasa tanggal 03 April 2018. Perpanjangan masa pendaftaran ini dilaksanakan berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Nomor 03/Peng/Pansel-JPTP/KS/2018 tanggal 23 Maret 2018. Sebelumnya, Panitia seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga berdasarkan ketentuan Pasal 117 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, melalui Pengumuman Nomor 01/Peng/Pansel-JPTP/KS/2018 tanggal 05 Maret 2018 telah membuka pendaftaran melalui seleksi terbuka untuk pengisian 14 jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang lowong di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Sibolga sekaligus Kepala Tim Sekretariat Panitia Seleksi, Bapak Yahya, SE, M.M, pada masa pendaftaran awal yang dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 5 Maret 2018 s/d 19 Maret 2018, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 28 orang. Dari 28 orang pendaftar, 3 diantaranya hanya mengambil 1 pilihan jabatan sedangkan 25 pendaftar lainnya menetapkan 2 pilihan jabatan yang dilamar. Hingga akhir pendaftaran tersebut, 4 formasi dari 14 jabatan yang formasinya di seleksi terbukakan tidak memenuhi kuota minimal jumlah pendaftar yang telah ditentukan. Sebagai catatan, untuk tiap jabatan yang formasi nya dibuka di proses seleksi ini dibutuhkan jumlah pelamar minimal 4 orang, sehingga apabila jumlah pelamar kurang dari 4 maka proses seleksi untuk jabatan tersebut tidak dapat diteruskan.

Pada masa pendaftaran awal, 4 formasi jabatan yang tidak memenuhi kuota minimal pelamar adalah :

  1. Jabatan Sekretaris Daerah dengan jumlah pelamar 5 orang;
  2. Jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dengan jumlah pelamar 3 orang;
  3. Jabatan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan jumlah pelamar 2 orang; dan
  4. Jabatan Direktur RSU dr. F.L. Tobing dengan jumlah pelamar 3 orang.

Selanjutnya diterangkan oleh Yahya, SE., M.M., bahwa hingga akhir pendaftaran pada masa perpanjangan pendaftaran pada hari Selasa tanggal 03 April 2018 pukul 16.00 Wib, total jumlah pendaftar yang telah datang ke tempat pendaftaran di aula BKD Kota Sibolga tercatat sebanyak 34 orang. Dari 34 orang pendaftar ini, 5 diantaranya hanya mengambil 1 pilihan jabatan sedangkan 29 pendaftar lainnya menetapkan 2 pilihan jabatan yang dilamar.

“Seluruh peserta pendaftaran hanya berasal dari ASN di Lingkungan Pemko Sibolga, tidak ada yang berasal dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-wilayah Provinsi Sumatera Utara meski kita sudah kesempatan itu untuk seluruh PNS di wilayah Provinsi Sumatera Utara”, ucapnya.

Diterangkan oleh beliau juga bahwa setelah diperpanjang, tersisa 1 formasi jabatan yang jumlah pelamarnya tidak memenuhi kuota minimal. Jabatan dimaksud adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang jumlah pelamarnya hanya 2 orang. Dengan demikian, proses seleksi hanya akan dilakukan terhadap 13 jabatan lainnya yang telah memenuhi syarat minimal jumlah pelamar.

Setelah tahapan pendaftaran peserta seleksi terbuka ini, Panitia Seleksi dibantu oleh Tim Sekretariat akan melakukan finalisasi validasi dan verifikasi terhadap seluruh berkas yang telah diterima oleh Panitia. Proses ini dilakukan pada hari Rabu tgl 04 April 2018 dan hasil verifikasi yang telah dituangkan dalam berita acara hasil verifikasi akan diserahkan kepada Panitia Seleksi untuk ditetapkan kelulusannya dan diumumkan secara terbuka selambat-lambatnya hingga tanggal 8 April 2018.

Selanjutnya, secara simultan, seluruh peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti uji kompetensi manajerial yang akan dilakukan oleh para assesor dari Universitas Negeri Medan dan Uji Kompetensi Bidang dan Rekam Jejak yang akan dilakukan oleh Panitia Seleksi. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X