Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PENCANANGAN GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (GISA ) KOTA SIBOLGA TAHUN 2019

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga canangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Kota Sibolga Tahun 2019, di Rusunawa Jln Merpati Kota Sibolga, Kamis (21/02/2019), Siang.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua TP.PKK.Kota Sibolga Dra.Hj.Delmeria Sikumbang sekaligus anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Forkopimda Kota Sibolga, Para Pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah Sekota Sibolga, serta para masyarakat rusunawa.

Walikota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutan mengatakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien , maka pemerintah saat ini  mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Ucapnya

 

Lanjutnya, Gisa merupakan sebuah gerakan untuk membangun budaya baru di bidang administrasi kependudukan. Terwujudnya tertib administrasi kependudukan telah tertuang dalam Undang – undang Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, Jelasnya.

“Program GISA yang dicanangkan untuk membangun 4 (empat) budaya sadar di bidang administrasi kependudukan yaitu Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Sadar Pemutahiran Data Kependudukan, Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan Sebagai Satu-satunya Data Yang Dipergunakan Untuk Semua Kepentingan, Sadar Melayani Administrasi Kependudukan Menuju Masyarakat Yang Bahagia,” tuturnya.

Dengan pencanangan program ini, diharapkan dapat terwujud ekosistem yang mendukung program GISA dengan membentuk minimal satu Kelurahan dalam Kecamatan yang ditetapkan sebagai Kelurahan sadar administrasi kependudukan, dan minimal satu Kecamatan di Kota Sibolga dengan predikat Kecamatan sadar administrasi kependudukan, Pungkasnya.

Dalam laporannya Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs. Sulhan Sitompul, MAP menyampaikan pencanangan GISA bertujuan untuk Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Program Sadar Pemutakhiran Data Pendudukan, Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan Sebagai Satu-satunya Data Yang dipergunakan untuk Semua Kepentingan, serta Program Sadar  Melayani Administrasi Kependudukan Menuju Masyarakat Yang Bahagia. Peserta yang diundang dalam acara ini sebanyak 1.000 (seribu) orang yang berasal dari unsur masyarakat setiap Kelurahan Se- Kota Sibolga, perwakilan dari sekolah penerima KTP-EL dan KIA, perwakilan dari kampung KB,  masyarakat Penerima KK, surat pindah , dan akta pencatatan sipil, Jelasnya.   (mks/amr)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X