Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA PERINGATI HARI NUSANTARA KE-19 SEKALIGUS HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL SERTA HARI BELA NEGARA TAHUN 2018

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga Peringati Hari Nusantara ke-19, sekaligus Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional serta Hari Bela Negara Tahun 2018, di Lapangan Simare-mare, Senin ( 17/12/2018), Pagi. Upacara ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, yang bertindak sebagai Inspektur upacara. Turut dihadiri peserta upacara yang antara lain ASN (PNS dan THL), anggota TNI dari AD/AL/AU, Para Siswa SMA sederajat, pramuka serta mahasiwa. Sedangkan yang bertugas sebagai komando upacara adalah Lettu Imam Safeii dari TNI AL.

Dalam amanatnya pada peringatan Hari Nusantara ke-19, Wali Kota Sibolga Drs.H.M Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara, mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat.

“Peringatan Hari Nusantara ini tidak hanya sekedar seremonial saja, tetapi juga menjadi modal pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar dan terpencil, hal itu merupakan wujud sinegritas program kementerian/lembaga dalam pembangunan kelautan,” ucap Syarfi.

Selain memperingati  Hari Nusantara Ke-19, Pemko Sibolga juga memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa dan Hari Bela Negara tahun 2018. Pada Hari Cinta Puspa dan Satwa tahun 2018 mengambil tema “Mari Selamatkan Puspa dan Satwa Indonesia”.Tema tersebut sejalan dengan upaya untuk mengubah kesadaran dan kecintaan penduduk Indonesia dalam meningkatkan kepedulian, perlindungan, serta pelestarian puspa dan satwa nasional, dan menanamkan rasa cinta sedini mungkin kepada para generasi muda sesuai dengan tahapan perkembangan kejiwaan dan kecerdasan mereka.

Lanjut Syarfi menyampaikan “Peringatan  Hari Cinta Puspa dan Satwa tahun 2018 sebagai momentum untuk meyukseskan gerakan satu juta pohon, Dengan menanam pohon di sekitar kehidupan kita masing-masing, maka paru-paru kota akan bertambah luas dan berbagai jenis burung dapat dilestarikan”.

Sementara itu, pada hari ini kita juga memperingati Hari Bela Negara tahun 2018. Dengan momentum peringatan Hari Bela Negara tahun ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa, Ucap Syarfi.

Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat, mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri dan elemen rakyat yang lain.

Lanjutnya, kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan. Anak-anak kita harus diajak untuk mencintai bangsanya, mencintai tanah airnya dengan cara-cara yang kreatif, inovatif serta bisa adaptif dengan perkembangan zaman sehingga mereka bangga menjadi bagian dari mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah, Pungkasnya.

Usai upacara peringatan tersebut, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, didampingi oleh Wakil Walikota  Edi Polo Sitanggang S.Pi, didampingi Sekretaris Daerah  M.Yusuf Batubara SKM, Ketua TP.PKK.Kota Sibolga Dra.Hj.Delmeria Sikumbang beserta jajarnnya,  para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta Forkopimda Kota Sibolga, menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan, bantuan korban kebakaran di pasar belakang dan sibolga julu, bantuan klaim asuransi nelayan senilai Rp. 600 juta kepada 4 ahli waris nelayan yang terkena  musibah saat melaut,  bantuan budidaya pangan di setiap kelurahan,  bantuan berupa timbangan kepada para pedagang, serta menyerahkan kartu asuransi nelayan.    (mks/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X