Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA PERINGATI HARI KARTINI YANG KE-319

SIBOLGAPemerintah Kota (Pemko) Siboga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PMK, PP, dan PA) Kota Sibolga, menggelar acara dalam rangka memperingati Hari Kartini yang ke-139 Tahun 2018, bertempat di Gedung Nasional, Kamis  (3/5/2018) pagi.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing, Ibu Ketua GOW Kota Sibolga Ny.Naudur Tonny Agustinus L.Tobing, perwakilan Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta para Organisasi Kewanitaan se-Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagaimana diketahui, Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan bangsa yang memperjuangkan Hak Asasi Wanita, ia telah membawa perubahan untuk kaum wanita di Indonesia, dan berkat perjuangannya bangsa Indonesia khususnya kaum wanita dapat meraih kebebasan dan kemerdekaan seperti saat ini.

“Kehadiran Kartini membuat wanita bebas dari budaya yang tidak baik pada masa penjajahan, karena banyak kaum wanita yang menjadi korban kekerasan dimasa itu. Namun, Kartini mampu memberikan gerakan perubahan kepada wanita-wanita Indonesia untuk lebih maju dan berpendidikan,” ucap Syarfi Hutauruk.

Dikesempatan tersebut, Wali Kota Syarfi Hutauruk kembali mengingatkan, bahwa saat ini merupakan momentum untuk mengenang kembali sosok seorang Raden Ajeng Kartini yang begitu tangguh dan punya cita-cita mulia, agar kaum wanita bisa beremansipasi dan menyetarakan gender, sehingga tidak ada lagi perbedaan yang menghambat wanita Indonesia untuk maju dan lebih baik lagi kedepannya.

Sebelumnya, Plt.Kepala Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga Nuraisyah, SKM, dalam laporannya mengatakan bahwa, tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk mengenang kembali jasa Raden Ajeng Kartini dalam membela dan memperjuangkan kaum perempuan, serta menjadikan momentum ini untuk memotivasi kaum wanita agar meningkatkan peranannya dalam pembangunan khususnya di Kota Sibolga.

Di sela-sela acara, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, didampingi oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi menyerahkan bingkisan kepada 50 wanita lansia (lanjut usia) yang kurang mampu se-Kota Sibolga. (amir/mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X