Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Pemko Sibolga Gelar Review RAD-PG Kota Sibolga Tahun 2018-2021

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Pemko Sibolga melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sibolga, melaksanakan Review Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kota Sibolga Tahun 2018-2021, yang dilaksanakan di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, pada Selasa (12/11/19) pagi. Review RAD-PG ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan oleh Sekda, diterangkan bahwa Pemko Sibolga telah menyusun RAD-PG Kota Sibolga untuk Tahun 2018-2021 pada tahun 2018 lalu. Untuk itu perlu dilakukan review (self assesment) sebagai gambaran capaian pelaksanaan, serta pedoman bagi Organisasi Perangkat Daerah dan stakeholder terkait, dalam pelaksanaan RAD-PG Kota Sibolga ke depan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga Alinafiah Nasution, S.Pi selaku narasumber memaparkan, bahwa ada 5 pilar RAD-PG sesuai Perpres Nomor 83 Tahun 2017, yaitu perbaikan gizi masyarakat, peningkatan aksesbilitas pangan yang beragam, mutu dan keamanan pangan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta koordinasi pangan dan gizi.

Sry Puspa Sary, ST, Kasubbid Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan, “Tujuan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan RAD-PG adalah untuk mengetahui capaian program dan kegiatan, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan RAD-PG, mengidentifikasi praktik baik pelaksanaan RAD-PG sebagai pembelajaran serta merumuskan tindak lanjut perbaikan.”

Review ini diikuti para Kepala Bidang OPD terkait pangan, dan seluruh pejabat Kepala Sub Bagian Program dari seluruh OPD se-Kota Sibolga.