Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Pemko Sibolga Gelar Dialog Persiapan Perda Kerukunan Umat Beragama

SIBOLGA – Kerukunan hidup antar umat beragama masyarakat Kota Sibolga tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota Sibolga sendiri. Kebijakan pemerintah adalah merupakan peran utama dalam hal ini, karena pemerintah berkewajiban untuk mensejahterahkan rakyatnya dari berbagai konflik. Sebagai pembuat suatu kebijakan, pemerintah harus adil karena sifat ini sebagai kualitas moral yang paling penting bagi pejabat publik.

Oleh karena itu, demi mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Sibolga menggelar dialog FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) bersama pemuka lintas agama Kota Sibolga dalam rangka persiapan mewujudkan Perda kerukunan umat beragama di Kota Sibolga. Dialog ini dilaksanakan di aula nusantara kantor wali kota sibolga, Selasa (29/8), yang di buka oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, dan dihadiri Kabag Ops Polres Sibolga Kompol A Sitinjak, Ketua FKUB dan jajaran, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Tumori, Kabag Hukum dan Organisasi Setdakot Sibolga Juprianto Hutagalung, pemuka agama, serta para undangan.

Dalam sambutan, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang menyampaikan, semoga pertemuan dan dialog FKUB ini akan mampu membantu, memelihara dan meningkatkan kerukunan yang mantap, dinamis dan lestari di Kota Sibolga.

Edi Polo mengatakan, bahwa kerukunan hidup beragama adalah keharmonisan hubungan dalam dinamika pergaulan dan kehidupan bermasyarakat dalam wujud saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agamanya, saling hormat menghormati dan bekerja sama intern pemeluk agama, antara berbagai golongan agama dan antar umat beragama dengan pemerintah, yang sama – sama bertanggungjawab membangun bangsa dan negara.

Dan yang terakhir penyampaian Edi Polo adalah saling tenggang rasa dengan tidak memaksakan agama kepada orang lain.

Ketua FKUB Kota Sibolga Drs. H. Sarmadan Daulay dalam sambutannya berharap kepada Pemko Sibolga untuk segera dapat mengeluarkan peraturan daerah tentang kerukunan umat beragama, ia mengatakan, hal ini mempengaruhi supaya terciptanya keharmonisan dan keakraban umat beragama masyarakat Kota Sibolga. (rj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X