Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA DAN KEMENDIKBUD RI SOSIALISASIKAN NILAI BUDAYA SEBAGAI PENGUAT KARAKTER BANGSA

SIBOLGA Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melakukan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) melalui kegiatan sosialisasi “Persemaian Nilai Budaya Sebagai Penguat Karakter Bangsa”, dengan mengusung tema “Film Sejarah Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa”, dan yang menjadi peserta kegiatan ini adalah para siswa dari tingkat SD sampai tingkat SMA se-Kota Sibolga, yang dilaksanakan di  Aula Yenny Sopo Holong, Selasa (21/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Sejarah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Triana Wulandari, M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Forkopimda Kota Sibolga.

Pada kesempatan itu, para pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Sibolga yang didampingi oleh para guru, diberikan penayangan sebuah film. Melalui penayangan film tersebut diharapkan para pelajar dapat mengambil manfaat dan inti sari bahwa perlunya kejujuran, toleransi, disiplin, kemandirian, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan rasa tanggungjawab yang harus ditanamkan pada diri masing-masing.

Wali Kota Sibolga yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota Sibolga Drs. Mochamad Sugeng menyampaikan, bahwa Indonesia adalah negara yang berbudaya dengan kekayaan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di era globalisasi saat ini, budaya asing sangat mudah masuk ke Indonesia sehingga membuat generasi muda semakin meninggalkan budaya dan karakter bangsa sendiri, serta budaya dan karakter negatif juga semakin menyebarluas dikalangan masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, persoalan mengenai korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, ketidakadilan didalam hukum menjadi konsumsi publik saat ini. Hal ini menjadi bukti semakin terkikisnya budaya dan karakter bangsa Indonesia. Oleh karena, sangatlah penting sedini mungkin diberikan pemahaman karakter kepada para pelajar akan pentingnya nilai budaya sebagai penguat karakter bangsa, ucap Sugeng.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan nilai -nilai karakter bangsa bagi pelajar dengan menggunakan media film yang berkualitas. Sehingga dapat memberikan kesempatan bagi pelajar di daerah untuk menonton film yang berkualitas agar dapat menginspirasi dan merangsang pelajar untuk berdiskusi mengenai nilai-nilai yang terdapat pada film tersebut.

“Adapun sasaran dari penayangan film ini yakni para siswa-siswi dari tingkat SD, SMP dan SMA serta para guru pendamping yang berjumlah 1.277 orang,” ungkap Alpian. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X