Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMERINTAH KOTA SIBOLGA PERINGATI HARI BURUH INTERNASIONAL (MAY DAY)

SIBOLGADalam rangka  memperingati  Hari Buruh Internasional Tahun 2018, Pemerintah Kota Sibolga menggelar kegiatan  jalan santai yang dilepas oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, yang dimulai dari depan Kantor Wali Kota Sibolga,Jalan Brigjen Katamso, kemudian melintasi Jalan Zainul Arifin, dan finish di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga,Kamis (10/5/2018) pagi.Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya Pemko Sibolga mewujudkan nilai-nilai hubungan industrial yang harmonis, berkeadilan dan bermartabat.

Acara ini juga diikuti Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dra.Hj.Delmeria Sikumbang, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sibolga Rudhy Suksmawan, Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, pimpinan instansi vertikal BUMN, BUMD dan pimpinan perusahaan swasta Kota Sibolga, Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Kota Sibolga beserta jajarannya dan masyarakat Kota Sibolga.

Sambutan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, mengatakan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) atau Hari Buruh Sedunia adalah untuk menghargai dan menghormati para buruh yang setiap harinya bekerja mencari upah atau penghasilan. Melalui kegiatan jalan santai yang dilaksanakan pagi ini kiranya juga dapat menumbuhkan jiwa sportifitas yang tinggi, kesehatan jasmani yang prima dan rasa kesetiakawanan yang kuat, dengan harapan kedepannya para buruh akan semakin sejahtera.

Beliau menegaskan, tentunya sebagai warga negara yang baik, patut disyukuri bahwa kepastian, perlindungan, dan kesejahteraan setiap pekerja/buruh dan keluarga memiliki hak dan jaminan sosial yang diamanahkan dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, serta Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang ketenagakerjaan dan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS).Dan sistem jaminan sosial nasional yang merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah melalui BPJS.

“Pemerintah Kota Sibolga juga terus melakukan upaya dalam menjamin seluruh warga Kota Sibolga agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak dengan meningkatkan jumlah warga di Kota Sibolga untuk ikut menjadi peserta BPJS. Hal ini dibuktikan hampir 95% dari jumlah penduduk Kota Sibolga yang sudah tercover menjadi peserta BPJS,” jelas  Edi.

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemerintah Kota Sibolga, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga yang telah mengisi kegiatan ini dengan pembinaan melalui pemberian bantuan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada pekerja/buruh. “Semoga kegiatan positif ini dapat berlanjut dan menjadi cerminan bahwa Kota Sibolga merupakan kota yang aman dan kondusif serta jauh dari perpecahan,”imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga Drs.Junifati Ziliwu didampingi Kabid Ketenagakerjaan, Arjuna Putra Tanjung, menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Buruh tahun ini, diikuti ribuan orang yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha dan pekerja (buruh, serikat) yang berdomisili dan berkegiatan di Kota Sibolga, TNI, Polri serta masyarakat. “Kegiatan tahun ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemko Sibolga terhadap pekerja, karyawan yang ada di Kota Sibolga,” ucap Drs.Junifati Ziliwu.

Usai kegiatan jalan santai, selanjutnya diisi dengan pemberian bantuan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada karyawan sebanyak 250 paket,  terdiri dari baju/mantel hujan, helm, sepatu boat dan sarung tangan. Kemudian pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas KesehatanKota Sibolga, sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan secara simbolis klaim JKM kepada ahli waris. Selanjutnya di lakukan sosialisasi tentang mobile JKN, penyerahan Kartu KIS, serta pemberian cenderamata kepada 5 perusahaan di Kota Sibolga oleh BPJS Kesehatan  Kota Sibolga, sekaligus memperkenalkan produk hasil binaan Dinas Koperasi Kota Sibolga. (amir/mks)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X