Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMBUKAAN FORUM PERANGKAT DAERAH KOTA SIBOLGA TAHUN 2019

SIBOLGA – Dalam rangka mengetahui proses perencanaan pembangunan, maka Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sibolga menggelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Sibolga Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Nusantara I, Jalan Dr Sutomo No. 26 A Sibolga, Senin (26/02/2019) pagi.

Forum SKPD Kota Sibolga dibuka secara resmi oleh Walikota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, MM dan dihadiri oleh Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, SPi, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah, se-Kota Sibolga,

Kegiatan ini merupakan tahapan penting sebagai rangkaian penyusunan perencanaan ditingkat Kelurahan maupun Kecamatan melalui kegiatan Musrenbang sehingga peran aktif perangkat ditingkat Kecamatan sangat diharapkan untuk memastikan semua usulan masyarakat menjadi agenda pembahasan sekaligus sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Dalam sambutan Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM  menyampaikan bahwa  Forum OPD Kota Sibolga yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Dalam hal ini masyarakat sebagai mitra Pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi, hal ini berarti masyarakat tidak lagi dijadikan objek dari pembangunan tapi masyarakat diikut sertakan dalam proses penentuan arah kebijakan pembangunan,” Ucap Syarfi

Wali Kota Sibolga Drs.H.M Syarfi Hutauruk MM menambahkan “Sebagai instrument penting dalam membangun kerjasama antar sektor yang memiliki kedekatan dalam menyelesaikan isu strategis, setiap program didasarkan atas analisis kebutuhan yang dilakukan,mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Provinsi dan Nasional sebagai sasaran dan kepentingan yang berbeda. Hal ini perlu diselaraskan agar tidak terjadi tumpang tindih,” kata Syarfi.

Selanjutnya Pada kesempatan tersebut para Kepala Dinas dari OPD secara bergiliran menyampaikan paparan terkait program prioritas Tahun 2019.    (Rj)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X