Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WAKIL WALI KOTA SIBOLGA BUKA PEMBEKALAN TUGAS & FUNGSI KEPALA LINGKUNGAN SE-KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Untuk mepercepat tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintah berupaya melakukan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintah daerah, termasuk pembinaan kepala lingkungan (kepling) sebagai bagian aparatur pemerintahan di bawah pembinaan langsung kepala kelurahan. Maka, untuk menjamin penyelenggaraan pemerintah kelurahan yang baik dan di percaya oleh masyarakat, Pemerintah Kota Sibolga melalui Bagian Tata Pemerintahan (TAPEM) Setdakot Sibolga melakukan pembekalan tugas dan fungsi kepala lingkungan se-Kota Sibolga Tahun 2017, Kamis (27/7), di Aula kantor Wali Kota Sibolga.

Pembekalan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang tersebut, diharapkan mampu meningkatkan SDM para kepala lingkungan se-Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan prima dan menjadi panutan kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi kepala lingkungan.

Dalam sambutannya, Edipolo Sitanggang mengatakan, bahwa semakin tingginya tuntutan pelayanan secara cepat dan tepat, sehingga membutuhkan kemampuan dan tanggung jawab penuh kepala lingkungan selaku perpanjangan tangan lurah dan camat di wilayahnya. Dan  berbicara mengenai kualitas terhadap pelayanan kepada masyarakat, akan terkait kepada mental kepala lingkungan itu sendiri dalam memotivasi diri untuk mewujudkan sukses tidaknya satu tugas yang diembannya, kata Edipolo.

Beliau menekankan, bahwa selama ini banyak dirinya mendengar para kepala lingkungan yang belum menjalankan tugas secara bersungguh, untuk itu melalui pembekalan ini dirinya mengajak para peserta pembekalan ini agar benar-benar dapat mengikuti dengan tekun. “Sehingga apa yang yang diharapkan dan dihasilkan dari pelatihan ini dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat dan dapat memperlancar tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan di lingkungan peserta masing-masing sebagai wujud kecintaan kepada Kota Sibolga tercinta ini,” ucap beliau.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Setdakot Kota Sibolga, Abdul Gani Hutagalung, dalam laporannya menyampaikan, sasaran dari pembekalan ini adalah kepala lingkungan se-Kota Sibolga, dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kinerja kepala lingkungan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk dapat memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dan terlaksananya tugas-tugas pemerintahan kelurahan dan kecamatan yang berdaya guna dan berhasil guna, baik bagi pemerintah maupun terhadap masyarakat.

Adapun materi pembekalan pada kegiatan tersebut yaitu wawasan kebangsaan, bahaya radikalisme & terorisme, dan pemantapan tugas kepala lingkungan. (mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X