Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA BUKA PELATIHAN BAGI PENGELOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga melaksanakan pelatihan petugas pengelola administarsi kependudukan dan pencatatan sipil bagi aparatur kecamatan dan kelurahan yang dibuka langsung Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, MM. Dilaksanakan di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga, Kamis (14/07).

Kegiatan ini dilatar belakangi untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, berstandar teknologi informasi, dinamis, tertib dan tidak diskriminatif untuk mencapai pelayanan yang optimal. Kegiatan pelatihan ini ditujukan bagi aparatur kecamatan dan kelurahan di Kota Sibolga yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur kecamatan dan kelurahan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat dengan cermat, akurat dan profesional.

Peserta pelatihan ini berjumlah 80 orang yang terdiri dari Kepala Seksi  (Kasi) pemerintahan kecamatan dan kelurahan, Kasi Kesra kecamatan dan kelurahan, dan petugas register kecamatan dan kelurahan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan, petugas registrasi kecamatan dan kelurahan memiliki peran yang besar untuk mencapai pelayanan administrasi kependudukan yang maksimal.

untuk mencapai tujuan pelayanan administrasi kependudukan yang maksimal tidak terlepas dari peran serta petugas pengelola administrasi kependudukan terutama petugas registrasi di setiap kecamatan dan kelurahan. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 25 Tahun 2011 bahwasanya, unsur sistem informasi administrasi kependudukan tidak hanya berkutat pada database kependudukan dan perangkat teknologi informasi saja, tetapi juga kualitas sumber daya manusia yang dalam hal ini aparatur pelaksana juga perlu ditingkatkan,’’ ujar beliau.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Sibolga  juga menyampaikan progres penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang telah dilaksanakan sampai dengan semester I Tahun 2016. Pertama, dibidang kependudukan, penduduk Kota Sibolga pada Tahun 2015 yang telah memiliki ketunggalan identitas dan diakui oleh Kementerian Dalam Negeri adalah sebanyak 95.475 jiwa. Kemudian dari 23.462 kepala keluarga, yang telah memiliki kartu keluarga SIAK sebanyak 23.284 jiwa (99,24%) kepala keluarga. Dalam penerbitan KTP elektronik di Kota Sibolga telah mencapai 89,18% dari 64.379 penduduk wajib KTP. Kedua, di bidang pencatatan sipil, penerbitan kutipan akta kelahiran bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun, sebanyak 25.006 jiwa sudah memiliki akta kelahiran yang terintegrasi dengan sistem database SIAK, atau sebanyak 70,85% dari 35.294 anak.

Atas pencapai tersebut, Wali Kota Sibolga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Sibolga sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Diakhir sambutannya, beliau berharap peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius , seksama dan sebaik-baiknya, sehingga benar-benar memahami teknis penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk diterapkan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyaraskat di Kota Sibolga.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekda Kota Sibolga Drs. Mochamad Sugeng,  Asist. Pemerintahan Ir. Basar M. Sibarani, M.Si, Asist. II Drs. H. Junaedi Tanjung, M.Pd, Staf Ahli Sanggaraja Sitompul, SH, Inspekturt Drs. Sofyan, Kabag Umum dan Perlengkapan Amarullah Gultom, SE,  serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.               (hendri/amir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X