Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SIMULASI PEMADAMAN KEBAKARAN, AKHIRI PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PERSONIL DAMKAR BPBD KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Memasuki hari ke tiga (3) pelatihan kantor sendiri peningkatan kapasitas personil Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sibolga melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran, dilapangan Simare-mare Sibolga, Rabu (28/09). Kegiatan ini sekaligus menutup acara pelatihan kantor sendiri peningkatan kapasitas personil Damkar yang dipantau Kalak BPBD Kota Sibolga yang diwakili oleh Sekretaris BPBD Budi Sibuea dan Kasi Rehabilitas Rekontruksi Rio Sitorus.

Simulasi  ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan BPBD yang telah dimulai sejak Senin (26/09) lalu di Aula Kantor Wali Kota Sibolga. Simulasi ini tujuannya adalah untuk melatih petugas pemadam agar selalu siaga, berdisiplin tinggi, mau/mampu dan ikhlas dalam melaksanakan tugas mulia tersebut. Dan diharapkan pelatihan simulasi ini dapat menciptakan petugas yang mampu secara profesional mengantisipasi dan melakukan usaha preventif agar tidak terjadi atau mengurangi serta meminimkan risiko terjadinya kebakaran serta penanggulangan kebakaran yaitu segala upaya dan tindakan penyelamatan pada saat terjadinya musibah kebakaran secara efektif dan efisien. Hal ini diutarakan Bona Saur Sihotang, narasumber dari Dinas Pencegahan Pemadaman Kebakaran Pemerintah Kota Medan.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian arahan dari narasumber Bona Saur Sihotang, mulai dari hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemadaman seperti arah angin, jenis bahan yang terbakar, volume dan potensi bahan yang terbakar, letak dan situasi lingkungan, lamanya terbakar dan alat pemadam yang tersedia. Selain itu narasumber juga menerangkan teknik penggunaan media pemadam kebakaran sampai pedoman keselamatan pemadam.

Diakhir acara, Sekretaris BPBD Budi Sibuea menyampaikan, kepada seluruh aparatur lingkungan BPBD Kota Sibolga hendaknya saling menutupi segala kekurangan jika terjadi sesuatu dilapangan. “Selama tiga (3) hari kita melaksanakan pelatihan, mungkin ada kekurangan disana-sini, jadi saya minta kepada kawan-kawan semua, kalau ada kekurangan disana-sini kita harus saling bantu dan saling menutupi segala kekurangan tersebut. Karena kita semua adalah keluarga, mari mulai hari ini kita merasa memang memiliki BPBD, kita keluarga BPBD,”  kibar semangat Budi kepada personil BPBD. Budi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para instruktur/narasumber yang telah membantu kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat sebagai agenda rutin setiap tahun. (hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X