Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PELATIHAN ESQ BAGI GURU SE-KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Dinas Pendidikan Kota Sibolga selenggarakan pelatihan Emotion Spiritual Question (ESQ) bagi kepala sekolah dan guru PAUD, TK, RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se-Kota Sibolga, Kamis (22/12) Pagi, yang dilaksanakan di gedung pertemuan Yenni Sopo Holong, Sibolga.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Alpian  Hutauruk mengatakan dalam laporannya yang di bacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sibolga Supriono, bahwa pelatihan ESQ ini ditujukan untuk para guru dan tenaga pendidik Kota Sibolga agar mampu memotivasi anak didiknya bahwa belajar bukan  hanya untuk diri sendiri, orang tua dan gurunya, melainkan belajar adalah salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga anak dididk lebih termotivasi dan bersungguh-sunguh dalam belajar serta berpribadi luhur, tuturnya.

Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk dalam sambutan serta arahannya menyampaikan, setiap guru dan tenaga pendidik dituntut memeliki kemampuan serta kecerdasan ESQ yang baik guna menciptakan anak didiknya yang juga mempunyai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang baik untuk kemajuan dan menghasilkan efek luar biasa bagi bangsa ini.

Dijabarkan Syarfi, bahwa ESQ (Emotional Spiritual Questient) adalah sebuah metode pembangunan jiwa yang menggabungkan antara dua unsur kecerdasan, yaitu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan memanfaatkan kekuatan kekuatan pikiran bawah sadar atau yang dikenal dengan suara hati (God Spot).

“Guna membentuk pribadi manusia yang baik, setiap guru dan tenaga pendidik harus melatih kecerdasan emosional dan rohani dengan seimbang, bila tidak, akan dapat mengakibatkan masalah dan kegagalan manusia mencari jawaban terhadap apa yang diperlukan dalam hidup ini,” ungkapnya.

Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dan senantiasa harus berlandaskan pada norma agama, manusia harus mendengarkan suara hati positif agar bisa memaknai hidup dengan lebih baik, sehingga membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang didayagunakan secara optimal untuk membangun sumber daya manusia, pungkas Syarfi Hutauruk menutup sambutannya, dan secara resmi membuka acara pelatihan tersebut.

Kegiatan pelatihan ESQ ini diikuti oleh 500 guru dan tenaga pendidik se-Kota Sibolga dan dilaksanakan satu hari penuh, dengan menghadirkan narasumber Dosen dari Universita Islam Nusantara Medan Abdul Halim Nasution,S.Ag,SH,MH. (nbn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *