Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PASKAH OIKUMENE SIBOLGA MERIAH

paskah oikumene

SIBOLGA – Dengan mengambil tema “Kristus yang sulung dari segala yang diciptakan” yang diambil dari kitab Kolose 1:18, Pemko Sibolga bekerjasama dengan gereja-gereja se-Sibolga menyelenggarakan perayaan Paskah Oikumene 2013, Minggu (14/4). Perayaan Paskah Oikumene adalah salah satu agenda rutin keagamaan Pemerintah Kota Sibolga.

 

Rangkaian acara dimulai dengan pelepasan karnaval mobil hias bernuansa Paskah dari halaman gereja HKBP Sibolga julu siang itu sekitar pukul 13.00 WIB. Karnaval yang diikuti sekitar 48 gereja ini berangkat menuju Jl. Katamso, dimana telah berkumpul massa jemaat guna mengikuti acara berikutnya yaitu pawai jalan kaki yang biasa dikenal “prosesi jalan salib”, di depan Gereja Katolik. Walikota Sibolga HM. Syarfi Hutauruk melepaskan pemberangkatan pawai ini melalui upacara senderhana. Pawai bergerak menuju Lapangan Simare-mare, berkisar 1 km dari Jl. Katamso. Di lapangan inilah dilangsungkan acara ibadah serta rangkaian perayaan umum.

 

Tumbur Harahap, Kadis LHKP, yang bertindak selaku ketua panitia, menyatakan tujuan acara ini ialah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat kristiani di Sibolga serta menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan kristen, pemerintah dan masyarakat umum secara terpadu dan berkesinambungan di kota Sibolga.

 

Ia juga melaporkan seluruh kegiatan yang telah diadakan terkait dengan perayaan Paskah Oikumene kali ini, di antaranya pemberian tali asih dari Pemko Sibolga kepada gereja se-Kota Sibolga pada tanggal 23 Maret lalu berupa anggur perjamuan, roti perjamuan, telur, gula, kopi dan teh, dan selanjutnya diberikan juga bantuan sebesar Rp. 500.000,- kepada setiap gereja oleh Walikota untuk meringankan mereka mempersiapkan mobil hias dan transportasi.

 

Walikota Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengucapkan selamat Paskah kepada segenap umat kristen di Sibolga. Ia mendorong umat kristen untuk meneladani Kristus Yesus dalam kesetiaan menaati firman-Nya. “Umat manusia sudah dipilih dan ditetapkan menajdi serupa dengan Yesus dan ini harus menjadi harga mati bagi setiap pribadi umat kristen bahwa saudara-saudara sekalian memiliki kekristenan, oleh karena itu hidup saudara harus menajdi serupa dengan Yesus. Kalau saudara-saudara tidak menjadi seperti Yesus, jangan saudara berpikir bahwa saudara akan bertemu dengan Dia, Sang Juruselamat. Yesus Kristus adalah yang sulung, kita adalah adik-adik-Nya. Dia mau saudara-saudara semua ikut seperti Dia, supaya satu kali kelak saudara-saudara bertemu dan duduk bersama-sama Tuhan Yesus Kristus,” ujarnya.

 

Dengan mengutip Matius 22:37-39, Walikota mengajak umat kristen untuk hidup dalam kasih, sebagaimana ajaran Yesus sendiri. “Sebab Tuhan menginginkan sikap yang demikian, seperti tertulis dalam I Korintus 16:14 yang berbunyi “Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih.” Kasih akan menjadi tenaga pendorong untuk meraih masa depan dalam mewujudkan masyarakat Sibolga yang sehat, cerdas, sejahtera dan beradab,” serunya.

 

Selanjutnya ia juga mengharapkan masyarakat kristen di Sibolga untuk tunduk dan setia kepada pemerintah, sebagaimana difirmankan Tuhan dalam Kitab Roma 13:1 & 4. Ia berpesan agar umat jangan mau dipecah belah oleh perbedaan-perbedaan politik sesaat dan tetap hidup dalam kerukunan di dalam masyarakat supaya citra Sibolga sebagai Negeri Berbilang Kaum, perekat umat beragama teap terpelihara dengan baik.

 

Perayaan Paskah Oikumene kali ini berlangsung jauh lebih meriah dari sebelumnya, lebih lagi dikarenakan adanya Karnaval Mobil Hias. Ditaksir tak kurang dari lima ribu jemaat memadati Lapangan Simare-mare. Kemeriahan perayaan ditambah pula dengan penampilan artis senior ibukota Viktor Hutabarat, dan penyanyi lokal seperti Ondihon Silaen dan Petra Situmorang. Panitia juga menyediakan doorprize yang cukup banyak, serta pemberian hadiah bagi pemenang lomba mobil hias.

 

Hadir dalam acara ini selain pendeta-pendeta se-Kota Sibolga dan umat kristen adalah wakil Walikota Marudut Situmorang, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK, anggota-anggota DPRD Sibolga, Muspida Plus, Ketua BKAG, Ketua FKUB, kepala-kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, dan lain sebagainya. Sementara itu, Pastor Dominikus Doni Ola Vikaris Jenderal Keuskupan Sibolga bertindak sebagai pengkhotbah dalam ibadah. tim.

 

 

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X