Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

RIBUAN UMAT KRISTIANI HADIRI PERAYAAN PASKAH OIKUMENE KOTA SIBOLGA

 

 

Syarfi : Kedamaian Tidak Akan Terwujud Kalau Tidak Ada Damai Di Dalam Hati Kita

 

 

SIBOLGA –  Ribuan umat Kristiani menghadiri acara Perayaan Paskah Oikumene Kota Sibolga yang dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga yang berlangsung khidmat, sukses dan berjalan dengan lancar, Minggu (24/4).

Perayaan puncak Paskah Kota Sibolga dimulai dengan rangkaian Pekan Raya Paskah selama 3 hari yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 April kemaren . Perayan Paskah kali ini mengusung Thema Kristus Bangkit, Berilah Dirimu Diperdamaikan (II Korintus 5:2B) dan Sub Thema Melalui Karya Perdamaian Kita Bangkit Melanjutkan Pembangunan Masyarakat Kota Sibolga Yang Sejahtera Maju Dan Berdaya Saing.”

Dilanjutkan dengan rangkaian  Paskah yang diawali dengan prosesi jalan salib serta karnaval mobil hias dari denominasi gereja yang diikuti rohaniawan, jemaat Tuhan, TNI, Polri, PNS, organisasi Kristiani serta pelajar yang dilepas secara resmi oleh Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM di depan Gereja Khatolik di Jalan Albertus menuju Lapangan Simare-mare Kota Sibolga. Pengkhotbah pada kebaktian Perayaan Paskah Oikumene Kota Sibolga Tahun 2016 menghadirkan Pdt A.B Marpaung, M.Min, M.Th.

Ketua Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Sibolga Tumbur MT Harahap dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat Kristiani melalui peringatan hari-hari besar keagamaan  khususnya dalam merayakan Paskah Oikumene di Kota Sibolga. Menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan Kristen, pemerintah, dan masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan di Kota Sibolga yang merupakan Negeri Berbilang Kaum.

“Rangkaian kegiatan pelaksanaan Perayaan Paskah Oikumene Kota Sibolga Tahun 2016 adalah pertama; pawai paskah yang terdiri dari karnaval mobil hias dan pawai umat yang didahului oleh jalan salib. Kemudian acara ibadah, pemberian telur paskah, hiburan yang dimeriahkan oleh penyanyi Hutauruk Sister’s dan diakhiri dengan penarikan undian lucky draw,” kata Tumbur.

Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutannya menyampaikan, Perayaan Paskah telah memberikan nilai rohani yang demikian tinggi bagi umat Kristiani. Paskah telah mengumandangkan pesan-pesan kebebasan umatNya dari perbudakan dosa serta semangat kasih sayang kepada sesama manusia melalui keyakinan dan kepercayaan akan cinta kasih yang Tuhan berikan kepada umatNya.

“Umat Kristiani meyakini kebangkitan Yesus Kristus telah melepaskan orang yang percaya kepadaNya dari kematian agar beroleh kehidupan yang baru. “Saya sebagai Wali Kota Sibolga berharap, agar semangat Paskah memberi inspirasi, motivasi dan pencerahan baru untuk melakukan gerakan bersama melaui kehidupan bermasyarakat dan bergereja dalam rangka mewujudkan Sibolga yang lebih maju, sejahtera dan berdaya saing”, ucapnya.

Masih dikatakan Syarfi, melalui Perayaan Paskah ini, gereja kiranya memiliki kekuatan dan keberanian untuk mengatakan kebenaran berlandaskan Firman dan kehendak Tuhan.“Dalam setiap perayaan Paskah, Yesus Kristus telah menyampaikan pesan kepada manusia, bukan hanya melalui perkataan saja tetapi lewat perbuatan. Kebangkitan yang dinyatakan kepada umatNya bahwa Yesus telah mengalahkan maut. Ini memberikan keteladanan tentang kemenangan dengan menanggung penderitaan dan kesengsaraan untuk mengembalikan citra kita sebagai umat yang kepunyaan Allah,”katanya.

Lanjut Wali Kota, Paskah menjadi titik balik untuk menyadari betapa berharganya hidup kita sebagai manusia, oleh karenanya kita berkewajiban untuk melakukan tindakan-tindakan yang mulia disisi Tuhan dan juga memuliakan Tuhan.“Umat Kristiani tentunya mengimani perkataan Yesus didalam Injil Yohannes 14 ayat 27, Damai sejahtera Ku-tinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku-berikan kepadamu, dan apa yang Ku-berikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu”. 

Umat Kristiani dapat menjadi pembawa damai jika memiliki damai Allah di dalam dirinya masing-masing, kedamaian tidak akan terwujud kalau tidak ada damai di dalam hati kita.” tandasnya.    (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X