Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PANCURAN BAMBU WAKILI SIBOLGA PERLOMBAAN KELURAHAN TERBAIK TINGKAT PROVSU TAHUN 2018

SIBOLGA –Kelurahan Pancuran Bambu mewakili Kota Sibolga untuk perlombaan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018. Penilaian ini dikunjungi langsung oleh tim penilai dari Provinsi Sumatera Utara. Acara penilaian ini dilaksanakan di depan kantor Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga,Kamis (19/7/2018).

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Wakil Ketua TP.PKK Kota Sibolga ibu Doharta Ida Edi Polo Sitanggang, serta pengurus PKK Kota Sibolga, Ketua Dharma Wanita ibu Masnah M.Yusuf Batubara, para pimpinan OPD Kota Sibolga, para camat dan lurah, serta para undangan.

Laporan Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga Nuraisyah, menyampaikan bahwa, dalam rangka pemberdayaan masyarakat kelurahan, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong-royong masyarakat di kelurahan. Serta untuk melihat keberhasilan pembangunan di kelurahan, maka perlu dilakukan penilaian kelurahan terbaik melalui perlombaaan kelurahan secara terarah, terpadu, terkoordinasi dan berkelanjutan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi bahkan tingkat nasional.

Nuraisyah mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan penilaian ini, telah diawali dengan penilaian tingkat kecamatan pada bulan Maret dan tingkat Kota Sibolga April Tahun 2018 lalu,  dan saat ini dilaksanakan penilaian tingkat Provinsi Sumatera Utara, dan Kelurahan Pancuran Bambu ini juga telah dilakukan pembinaan secara khusus oleh OPD terkait dan kelembagaan masyarakat pada Tanggal 23 s/d 24 April 2018 lalu dalam mempersiapkan penilaian kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Utara, serta data dasar keluarga pada profil Kelurahan Pancuran Bambu secara aplikasi online seluruhnya telah di input dengan baik pada situs/web Kementerian Dalam Negeri.

Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagaimana diketahui bersama bahwa perlombaan desa dan kelurahan adalah merupakan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah pusat dan pemerintahan daerah, bersama masyarakat desa dan kelurahan yang bersangkutan dengan membandingkan data tingkat perkembangan desa dan kelurahan dua tahun terakhir berdasarkan data profil desa dan kelurahan sesuai dengan indikator penilaian sebagaimana di atur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor. 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan beralih kepada Permendagri Nomor : 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Selanjutnya, kata beliau, eksistensi penilaian ini adalah bagaimana kemampuan seorang kepala kelurahan dituntut pemahamannya dalam melaksanakan tugas dengan dukungan jajaran perangkat  kelurahan dalam mendorong peranan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan yang berlangsung di kelurahan yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong-royong masyarakat.

Diinformasikan, bahwa tahun 2017 yang lalu, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga telah berhasil meraih juara harapan I  tingkat Provinsi Sumatera Utara. Dan harapan bersama, kiranya pada tahun ini, Kelurahan Pancuran Bambu dapat mewakili Pemerintah Kota Sibolga  mengukir prestasi yang lebih tinggi, untuk meraih juara pertama.(amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X