Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

21 DESEMBER 2014, NATAL OIKUMENE KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Natal Oikumene Kota Sibolga akan dilangsungkan pada hari Minggu, 21 Desember 2014, bertempat di Lapangan Simare-mare. Demikian hasil rapat umum terakhir panitia, yang diadakan di aula Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Rabu (10/12). Rapat itu dipimpin langsung oleh Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk bersama Ketua Panitia Tumbur Harahap, didampingi Ketua BKAG Sibolga Pdt. A. Oppusunggu dan Kepala PPN Sibolga Henry maruli Batubara.

Natal Oikumene kali ini mengambil tema “Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga”, diambil dari Imamat 26 : 12, dengan sub tema “Dia yang Datang Berjumpa dengan Manusia, Supaya Umat Meneruskan Karakter Kristus dalam membina Hubungan Yang Harmonis dengan Keluarga, Masyarakat dan Pemerintah Didasari Ketulusan dan Cinta Kasih.”

“Pengkhotbah dalam acara kita nantinya ialah Bapak Pdt. Markus First Manuhutu, M.Th. Beliau adalah Ketua Majelis Sinode GPIB Pusat. Sedangkan pengkhotbah cadangan ialah Ketua BKAG Kota Sibolga, Bapak Pdt. A. Oppusunggu, S.Th,” kata Tumbur Harahap.

Rangkaian acara akan dimulai dengan pelepasan karnaval mobil hias pada pukul 13.15 WIB dari Tugu Ikan Jl. Sudirman, di depan Gereja GPIB. Karnaval mobil hias yang terdiri dari seluruh gereja yang ada di Sibolga tersebut direncanakan akan tiba di Jalan Katamso, depan Gereja Katolik, bergabung dengan prosesi arak-arakan. Prosesi itu selanjutnya akan dilepaskan sekitar pukul 13.30 WIB, bergerak menuju Lapangan Simare-mare. Di Lapangan Simare-mare, prosesi akan disambut kemeriahan koor Paduan Suara Anak. Setelah itu, ibadah Natal dilangsungkan mulai pukul 14.00 WIB, diteruskan kemudian dengan acara umum. Natal Oikumene ini rencananya akan dimeriahkan oleh penampilan artis ibukota Victor Hutabarat, juga Hutauruk Sister dan penyanyi lokal. Panitia juga akan menghibur hadirin dengan menyediakan undian lucky draw. Juga akan diberikan tali asih kepada para pendeta / tokoh agama Kristen, petugas pemukul lonceng dan kebersihan gereja, serta kepada anak yatim.

“Selain acara puncak pada 21 Desember itu, kita juga akan mengadakan galeri, atau semacam pameran kecil, berisi pernak-pernik Natal dan keperluan rohani lainnya, dimana pesertanya adalah jemaat gereja. Tempatnya di Mimbar Tilawah Lapangan Simare-mare, mulai tanggal 19-21 Desember. Kita hanya menyediakan tempat, sementara teratak dan kebutuhan lainnya dipersiapkan oleh peserta. Untuk memeriahkan acara galeri ini, kita rencanakan untuk dihibur oleh penampilan artis Batak Nai Malvinas,” terang Tumbur.

Wali Kota Syarfi Hutauruk sendiri memerintahkan pembagian beras cadangan yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan sebanyak 50 ton kepada warga kurang mampu dari kalangan Kristen. Rencananya beras itu akan dibagikan secara simbolis di Natal Oikumene. “Tadinya beras itu ada 100 ton. Pada lebaran lalu, kita dari Pemko Sibolga telah membagikan 50 ton untuk warga beragama Islam yang kurang mampu. Sekarang akan kita bagikan setengahnya lagi kepada warga kita yang Kristen, yang kurang mampu, supaya mereka juga dapat merayakan Natal,” ujarnya. Jadi ia memerintahkan Panitia untuk segera berkoordinasi dengan Dinas dimaksud. “Nanti beras itu disalurkan tidak lewat kantor Kelurahan, tapi lewat gereja-gereja saja, karena saya yakin, gerejalah yang lebih paham siapa jemaatnya yang layak menerima bantuan itu,” tambahnya.

Wali Kota juga mengharapkan agar seluruh gereja turut ambil bagian memeriahkan karnaval mobil hias, dan supaya gereja-gereja besar bisa mengirimkan lebih dari satu mobil, demi kebersamaan dan kesemarakan Natal. Untuk itu, panitia juga telah menyediakan dana insentif masing-masing. Kepada panitia, ia meminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan apakah masih memungkinkan untuk mengadakan kegiatan pengobatan gratis.   (Marganda Hutabarat)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X