Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERAYAAN NATAL OUIKUMENE KOTA SIBOLGA TAHUN 2017 BERJALAN SUKSES

SIBOLGA –  Ribuan umat Kristiani dari berbagai gereja yang ada di Kota Sibolga menghadiri perayaan Natal Ouikumene Kota Sibolga Tahun 2017, Minggu (17/12), bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga.

Acara perayaan Natal Oikumene ini juga turut dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Sekretaris Daerah Pemko Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, M.M,  Ketua Sinode GKI-Sumut Pdt.Asal Parlindungan Tambunan,M.Th, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing, Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta ribuan umat kristiani se-Kota Sibolga.                                  

Mewakili Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga serta atas nama pribadi dan keluarga,Wali Kota Sibolga Drs.H.M Syarfi Hutauruk, M.M, mengucapkan selamat merayakan Natal pada 25 Desember 2017 kepada seluruh umat Kristiani yang berada di Kota Sibolga dan juga selamat menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2018. Semoga perayaan Natal tahun ini dapat membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani, serta dapat memberikan semangat dan harapan baru untuk membangun hari esok yang lebih baik.

Beliau melanjutkan, bahwa merayakan Natal bukan hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata, melainkan harus benar-benar murni pengakuan iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang Putera Natal, penebus dosa umat manusia, sehingga Natal dapat bermakna bagi diri kita sendiri, keluarga, serta bagi umat Kristiani dan masyarakat.

“Disisi lain, perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi iman kepada Tuhan dan sesama, melalui berbagai tugas pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang kita miliki agar kita saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan membina kerukunan dan kedamaian, agar tidak ada permusuhan, perseteruan, perkelahian, pengkhianatan, tidak ada kebencian, dendam, perpecahan dan sebagainya, karenadalam kedamaian terdapat persaudaraan, kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan,”  ucap beliau.

Dikesempatan ini, Wali Kota Sibolga juga mengajak seluruh umat Kristiani untuk tetap memperkokoh keutuhan yang sudah terbina selama ini, mari kita saling menciptakan kedamaian dan keharmonisan antara pemerintah dan masyarakat, antar sesama umat, serta antar umat yang satu dengan umat yang lain.

Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota Sibolga Pdt.Donald Silaban,S.Th, dalam sambutannya turut mengajak seluruh masyarakat dan umat Kristiani Kota Sibolga untuk tetap dan terus memupuk dan menjaga kebersamaan, kerjasama, saling menghargai, hidup rukun dan berdamai sejahtera dengan sesama.

Turut menyampaikan sambutan, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing menyampaikan, bahwa alangkah sedihnya ketika didapati saudara-saudara kita yang tergoda oleh sekat-sekat perbedaan-perbedaan yang sebenarnya tidak berarti, karena adanya proses modernisasi yang dapat memisahkan kita. Jika kita lihat dan baca media pers dan elektronik saat ini, negara kita sedang diuji dengan maraknya serangan teror, seperti bom bunuh diri di gereja-gereja yang merenggut korban jiwa. Hal ini tentu telah merobek nilai luhur pancasila dan bhinneka tunggal ika yang telah kita sepakati bersama.

“Inilah yang menjadi tantangan kita bersama dalam penanganan dan penanggulangannya. Sisi gelap dalam peradaban masyarakat membuat kita semakin membutuhkan terang yang sesungguhnya. Oleh karena itu, momentum Natal ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan dan menggerakkan peradaban kasih, sebagai tanda penerimaan akan terang itu dalam lingkungan pemerintah dan masyarakat Kota Sibolga,” harap Ketua DPRD.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ouikumene Singkat Sijabat, S.Sos, M.M, dalam laporannya mengatakan bahwa, tujuan perayaan Natal Oikumene ini adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat kristiani, melalui peringatan hari-hari besar keagamaan.

Perayaan Natal Oikumene ini diawali dengan karnaval mobil hias denominasi gereja-gereja di Kota Sibolga, dimulai dari tugu ikan Jalan Sudirman Kota Sibolga dan selanjutnya bergabung dengan barisan prosesi di depan Gereja Katolik Paroki Katedral Jalan Brigjen Katamso, lalu secara bersamaan menuju lokasi perayaan natal, dan kemudian dilanjutkan ibadah yang dibawakan oleh pengkotbah Pdt.Asal Parlindungan Tambunan, M.Th.

Diakhir perayaan, juga digelar hiburan dengan menampilkan artis Retta Sitorus dan Permata Trio, serta penyerahan bantuan dan hadiah seperti penyerahan tali asih/bantuan kepada anak yatim, penyerahan kursi roda kepada kaum disabilitas, penyerahan hadiah kepada pemenang karnaval mobil hias dan penarikan undian luckydraw dengan berbagai jenis hadiah menarik. (tim kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X