Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI TOLAK UKUR KEMAJUAN BANGSA

“Hari Pendidikan Nasional Dimaknai Sebagai Hari Kesadaran Tentang Pentingnya Kualitas Manusia”

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melaksanakan upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, dilaksanakan di Lapangan Simare-mare, Rabu (2/5/2018) pagi.

Upacara ini turut diikuti Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Sekretaris Daerah Drs. M.Yusuf Batubara, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Dra.Hj.Delmeria Sikumbang, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta Forkopimda Kota Sibolga. Adapun thema pada peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 ini yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dibacakan  oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan apresiasi kepada para pegiat pendidikan di seluruh penjuru nusantara, atas peran aktifnya dalam mencerdaskan saudara sebangsa.

”Kepada Ibu dan Bapak pendidik di seluruh jenjang yang tak lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan didikannya agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberikan faedah bagi sekitarnya. Untuk itu, izinkan saya atas nama pemerintah menghaturkan rasa hormat mendalam” ucap Wali Kota Sibolga.

Wali Kota menekankan, bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional ini hendaknya dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden RI Joko Widodo menggariskan, bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya, sebab manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Pada perubahan skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Wali Kota Sibolga menyampaikan,  agar memberikan dukungan kepada anak-anak dengan memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zaman. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad ke-21 ini mencakup tiga komponen, yaitu kualitas karakter, kemampuan literitas, dan kompetensi.

Dikesempatan itu, dirinya menyampaikan bahwa, sesuai dengan thema Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menginginkan agar pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia. Karena dengan pendidikan yang akan membuat mereka bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau khususnya kepada semua siswa-siswi se-Kota Sibolga agar terus meraih prestasi dan menjauhi narkoba. (amir/mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X