Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

MUSRENBANG RKPD 2019 KOTA SIBOLGA, DIHARAPKAN HASILKAN PROGRAM PEMBANGUNAN PARTISIPATIF

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga mulai merencanakan berbagai program yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tahun 2019 mendatang, melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Sibolga Tahun 2019, diharapkan mampu menghasilkan program partisipatif dalam koridor sistem pembangunan nasional, bertempat di Gedung Nasional, Rabu (28/3/2018), Musrenbang ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Sibolga Drs. M.Yusuf Batubara.

Pelaksanaan Musrenbang ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori beserta anggota, Kepala Bappeda Kota Sibolga Juneidi Tanjung, Forkopimda, mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Dinas Pariwisata Provsu Dr. Ir. Hidayati, M.Si, perwakilan Bappeda Provinsi Sumut, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta lurah se-Kota Sibolga. Turut hadir mewakili Bupati Kab. Tapteng Asisten II, pimpinan BUMN/BUMD, instansi vertikal dan akademisi, TP. PKK, Dharma Wanita dan GOW, LSM/Ormas, unsur pengusaha/investor,LPM dan tokoh masyarakat/adat/pemuda.

Dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbang tersebut, Wali Kota Sibolga, Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, melalui Sekretaris Daerah Drs.Yusuf Batubara, menyampikan bahwa proses dan tahapan penyusunan dokumen RKPD Kota Sibolga tahun 2019, yaitu berupa pokok-pokok pikiran yang berhubungan dengan penguatan pelayanan publik, penguatan ekonomi kerakyatan, pemantapan dan ketersediaan infrastruktur wilayah yang memadai, budaya dalam pelayanan publik, serta pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Semua itu merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diharapkan dapat menjembatani dan mengkomunikasikan permasalahan serta kebutuhan masyarakat. Sehingga seluruh program dan kegiatan yang disusun dalam rancangan awal RKPD tahun 2019 dapat selaras dengan visi dan misi Kota Sibolga. Dalam melaksanakan pendekatan aspiratif, penyusunan rancangan promo daerah dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, hingga tingkat nasional, yang tentu saja melibatkan berbagai unsur.

Dikesempatan itu, beliau juga mengungkapkan beberapa hal yang telah dilakukan oleh pemerintah, yaitu peningkatan aksebilitas pendidikan formal dan non formal, tata kelola pendidikan berkualitas dan terjangkau, peningkatan pelayanan publik yang profesional dan amanah, pembangunan infrastruktur wilayah yang berkualitas ditunjang dengan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman, dan penanggulangan bencana alam yang tanggap dan cepat, serta kehidupan masyarakat yang saling toleransi untuk membangun kehidupan sosial politik yang kondusif.

Dalam Musrenbang yang mengusung thema “Penguatan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum menuju Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing” tersebut, dijelaskan bahwa sumber pembiayaan pembangunan di Kota Sibolga, bukan hanya APBD Kota Sibolga, melainkan juga diperoleh dari APBN dan APBD Provinsi Sumut. Untuk itu, seluruh pimpinan OPD agar lebih aktif mencari informasi dan berusaha sungguh-sungguh untuk memperoleh anggaran dari sumber tersebut dengan bermodalkan program yang akuntabel.

Kepala Bappeda Kota SibolgaJuneidi Tanjung, selaku ketua panitia Musrenbang, menjelaskan tujuan pelaksanaan Musrenbang tersebut salah satunya adalah menyepakati permasalahan pembangunan daerah. Kemudian, menyepakati prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Sumut, serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kota Sibolga dengan program dan kegiatan kelurahan yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang. Dan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. (amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X