Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KOTA SIBOLGA SELENGGARAKAN MUSREMBANG RKPD TAHUN 2017

SIBOLGA – WaliKota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk  meminta kepada setiap SKPD proaktif untuk mendapatkan bantuan pusat dan provinsi bahkan bantuan lainnya guna menyelenggarakan pembangunan untuk mengurangi beban APBD Kota Sibolga.Hal ini di sampaikan pada sambutan Wali Kota dalam pembukaan Musrembag  Kota Sibolga yang di selanggarakan di graha aulia Bank Indonesia Sibolga, Senin (21/03). 

Dalam Undang-Undang  No. 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah suatu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah. 

Pelaksanaan musrembang yang diawali dari tingkat kelurahan,kecamatan dan akhirnya dilaksanakan tingkat kota ini merupakan bukti transparansi pelaksanaan pembangunan, sebab melibatkan masyarakat, dan hasil yang di peroleh dari setiap usulan pembangunan merupakan masukan dan hasil musyawarah dari masyarakat Kota Sibolga. 

Musrembang RKPD pada tahun 2017 mengusung tema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dalam Rangka Pertumbuhan Ekonomi untuk Membuka Lapangan Kerja dan Peningkatan Layanan Publik”. 

Tujuan penyelenggaraan RKPD Kota Sibolga Tahun 2017 adalah prioritas pembangunan daerah, alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi SKPD, usulan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya. 

Keluaran musrembang ini nantinya adalah kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk pemutakhiran Rancangan RKPD menjadi RKPD dan Rancangan Renja SKPD yang meliputi daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan dan alokasi anggaran in
dikatif yang berdasarkan program dan SKPD.
 

Peserta dalam Instansi/SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Sibolga, instansi vertikal pemerintah yang memiliki wilayah kerja di Kota Sibolga, undangan unsur Muspida Kota Sibolga, BUMN/BUMD/Perusahaan Terbatas/Perusahaan Daerah yang ada di Kota Sibolga, serta Ormas/Organisasi Kepemudaan/LSM dan institusi lainnya. Seluruh peserta musrenbang ini akan dibagi kedalam 3 (tiga) kelompok diskusi bidang yakni bidang ekonomi, bidang fisik sarana prasarana dan bidang sosial budaya. 

Turut hadir dalam pembukaan musrembang ini Wakil Wali Kota, Dandim, Kepala Bapeda Provinsi Sumut, Danrem, Ketua DPRD Kota Sibolga, Kapolres, serta mewakili Gubernur SumutKepala Biro Umum Provinsi Sumut.           (rian/nobon)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *