Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA BUKA MUSDA KE-III LPM KOTA SIBOLGA

SIBOLGALembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Sibolga menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-III, yang dibuka langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, bertempat di Gedung Nasional Kota Sibolga, Senin (11/12) pagi. Adapun thema dari kegiatan Musda ke-III ini adalah “LPM sebagai motor pembangunan berkelanjutan di Sibolga dalam menuju Sibolga yang sejahtera maju dan berdaya saing,” dan sub thema “ LPM milik masyarakat Kota Sibolga dan mitra Pemerintah Kota Sibolga”.

Kegiatan Musda ini juga turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing, dan Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Syahputra, Forkopimda Kota Sibolga, Ketua LPM Kota Sibolga Djafanawar Tanjung, Ketua LPM Provsu Drs. H.Hasnan Said, para pimpinan OPD Kota Sibolga, camat dan lurah se-Kota Sibolga, serta para pengurus LPM Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, mengatakan bahwa LPM adalah wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat dan salah satu lembaga yang berada di tengah-tengah masyarakat, yang berfungsi sebagai mitra pemerintah yang diharapkan dapat menjadi motivator yang merumuskan aspirasi kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan.

Syarfi menyampaikan bahwa Musda merupakan hal relevan sebagai momentum pergantian generasi. Oleh karena itu, dirinya berharap kepada pengurus DPD LPM Kota Sibolga yang baru dapat berperan lebih aktif lagi dan dituntut untuk lebih mampu menyusun konsep perancangan pembangunan kelurahan secara partisipatif. Dan sebagai mitra pemerintah kelurahan, LPM harus mampu menciptakan yang baik dan serasi serta mampu menjadi motivator yang baik bagi masyarakat demi terwujudnya masyarakat kelurahan yang sejahtera, maju dan berkembang dalam merencanakan dan melaksanakan program kegiatan ditengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua Panitia Musda, Kepala Dinas PMK,PP, dan PA Kota Sibolga Nuraisyah, SKM, mengatakan bahwa tujuan digelarnya Musda LPM yang ke-III ini adalah untuk membentuk kepengurusan DPD LPM Kota Sibolga periode tahun 2017-2022. Adapun peserta Musda ke-III LPM ini terdiri dari pengurus kecamatan sebanyak 20 orang, pengurus kota sebanyak 25 orang dan peninjau dari kelurahan sebanyak 170 orang.

Di kesempatan itu, Ketua DPD LPM Provinsi Sumatera Utara Drs. H.Hasnan Said juga menyampaikan bahwa sasaran Musda DPD LPM ini adalah perubahan program kerja dan peningkatan kapasitas program untuk mendukung pemerintah dalam pembangunan serta meningkatkan peran partisipasi masyarakat. (mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X