Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

MTQ KE-41 DAN FSN KOTA SIBOLGA DILANGSUNGKAN

MTQ Sibolga

MTQ Sibolga

SIBOLGA – Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Kota Sibolga kembali diselenggarakan. Ini adalah agenda rutin Pemerintah Kota Sibolga yang dilangsungkan setiap tahun, dimana tahun ini telah memasuki tahun ke-41. Bersamaan, digelar pula Festival Seni Nasyid. MTQ ke-41 dan FSN Kota Sibolga ini dilangsungkan di Lapangan Simare-mare, disela-sela kemeriahan Pameran Pembangunan yang berlangsung ditempat yang sama, sehingga kolaborasi kedua kegiatan tersebut menjadikan lapangan kebanggaan Sibolga tersebut menjadi penuh semarak. Walikota HM. Syarfi Hutauruk membuka secara resmi kegiatan yang bertema “Dengan MTQ ke-41 dan FSN Kota Sibolga tahun 2013 Kita Sukseskan Maghrib Mengaji serta Kokohkan Kerukunan Ummat beragama” ini, ditandai dengan pemukulan bedug, Senin (26/3).

Sofyan Nasution, ketua panitia yang juga menjabat sebagai Inspektur Kota Sibolga, mengatakan bahwa salah satu tujuan MTQ ini adalah mempersiapkan qori-qoriah dan para peserta lomba lainnya untuk mengikuti perlombaan MTQ dan FSN Tingkat Propinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 April sampai dengan 5 Mei mendatang di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan.

Adapun cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQ ke-41 kali ini ialah musabaqah tilawah mujawwad putera-puteri tingkat anak, remaja dan dewasa. Selanjutnya musabaqah tartil quran putera-puteri tingkat anak-anak, musabaqah hifzil quran 1 juz dan tilawah putera-puteri, musabaqah syahril quran, musabaqah fahmil quran/ceras cermat isi kandungan Al Quran, musabaqah khattil quran putera-puteri tingkat tulisan naskah, hiasan mushaf dan dekorasi, lalu musabaqah makalah ilmiah Al Quran putera-puteri yang merupakan cabang baru, serta festival seni nasyid.

Jumlah peserta dalam MTQ dan FSN kali ini adalah sebanyak 116 orang, dimana setiap kecamatan mengirimkan 29 orang peserta. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, yaitu sejak tanggal 26 sampai 28 Maret. Sebelumnya, di sore harinya dilangsungkan pawai ta’aruf yang dimeriahkan ribuan orang.

Dalam sambutannya, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk mengharapkan agar melalui MTQ ke-41 dan FSN ini, kecintaan ummat Islam terhadap kitab suci Al Quran semakin kokoh dan semakin kokoh pula keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang akan menjadi modal ummat menjalani kehidupan demi memperoleh kebahagiaan di hari akhirat nanti.

“Al Quran mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah, akhlak serta peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sosial. Al Quran juga mengandung falsafah, kisah-kisah dan sumber ilmu pengetahuan sebagai pelajaran, nasihat dan pencerdasan bagi umat manusia,” tukasnya.

Oleh karena itu, sekaitan dengan tema yang diusung, Walikota mengajak seluruh umat Islam Kota Sibolga untuk membudayakan membaca Al Quran setelah salat maghrib, atau Maghrib Mengaji. Menurutnya, mengaji telah menjadi busaya masyarakat muslim Indonesia sejak dulu. Namun belakangan, budaya itu sudah ditinggalkan. Ummat lebih asyik di depan televisi menonton sinetron atau lagu dangdut daripada mengaji, ujarnya.    

Terlihat hadir dalam pembukaan MTQ ke-41 dan FSN ini antara lain Wakil Walikota Marudut Situmorang, Danrem 023/KS, pimpinan dan para anggota DPRD Sibolga, Muspida Plus Kota Sibolgam, Kapolres Tapanuli Tengah, Ketua TP. PKK Kota Sibolga, alim ulama dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. gan

 

.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X