Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Meriahkan Tahun Baru Hijriah, TP PKK Adakan Pawai Akbar

SIBOLGA – Selasa pagi yang cerah (5/11), Jalan Sisingamangaraja tepatnya di depan mesjid Al’Jihad Kecamatan Sibolga Sambas dipenuhi oleh ribuan orang warga Kota Sibolga. Mereka mengikuti acara pawai akbar yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Sibolga dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1435 Hijriah. Mereka datang dari berbagai elemen masyarakat dan perkumpulan pengajian serta organisasi kemasyarakatan, di samping para kader PKK dari kecamatan dan kelurahan masing-masing. Tidak ketinggalan pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA yang ada di Kota Sibolga serta perusahaan swasta dan BUMN/BUMD juga ikut berpartisipasi dalam pawai ini.

Tidak sia-sia Kota Sibolga digelari Negeri Berbilang Kaum, yang ternama dengan kerukunan antar umat beragamanya. Hal ini misalnya terlihat dalam pawai ini dimana bukan hanya diikuti oleh umat muslim, tetapi juga umat kristiani ikut berperan serta di dalamnya, seperti jemaat HKBP Sambas, siswa-siswi SMA dan SMK HKBP. Pawai dilepas oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk pada pukul 06.20. Start di depan Mesjid Al’Jihad dan finish di Mesjid Agung Kota Sibolga.

Setibanya di Mesjid Agung, peserta disambut oleh panitia dengan memberikan snack dan kupon undian berhadiah (lucky draw). Hadiah yang beragam dan menarik terpampang dengan jelas di sekitar panggung yang dipersiapkan oleh panitia. Ada sedikit kejutan bagi peserta, karena tanpa diduga panitia memberikan penilaian kepada seluruh peserta pawai. Hadiahnya berupa sejumlah uang pembinaan kepada kelompoknya.

Ketua TP PKK Kota Sibolga Ny. Delmeria Sikumbang selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kegotongroyongan di antara pengurus, kader dan anggota PKK. Pengembangan dan ibadah agama oleh pemeluknya yang menjadi hak setiap warga Kota Sibolga khususnya anggota TP PKK Kota Sibolga.

“Melalui pawai dan dzikir akbar ini, hendaknya pengurus, kader dan anggota PKK menjadi perempuan yang cakap dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam keluarga,” harapnya.

Walikota dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada TP PKK Kota Sibolga atas pelaksanaan pawai tersebut. “Pawai akbar yang kita laksanakan pada pagi ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mempererat tali silaturahmi di antara sesama umat Islam khususnya dan seluruh masyarakat Kota Sibolga pada umumnya. Dengan dilaksanakannya pawai akbar ini diharapkan juga dapat meningkatkan kebersamaan segenap pihak yang terlibat, untuk bersama-sama memaknai kembali Tahun Baru Islam sebagai proses transformasi spiritual dan hijrah dari kekufuran menuju keimanan yang lebih baik.” Setelah menyampaikan sambutan, diteruskan pembukaan tirai tempat lucky draw dan pencabutan nomor undian.

Ketua dan beberapa anggota DPRD, Kapolresta, Dandim serta unsur muspida lainnya juga terlihat disana. Tak ketinggalan pimpinan SKPD, Camat, Lurah serta kepling. (bjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X