Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

CALON JAMA’AH HAJI KOTA SIBOLGA MULAI MELAKSANAKAN MANASIK HAJI

SIBOLGA – Untuk kesempurnaan pelaksanaan rukun haji yang akan dilakukan oleh calon Jama’ah Haji Kota Sibolga saat berada di tanah suci Mekkah, Pemerintah Kota Sibolga dan kantor Kementerian Agama Kota Sibolga menyelenggarakan Manasik Haji yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, di Aula Kantor Wali Kota Sibolga, Rabu (03/08).

Wali Kota Syarfi Hutauruk saat memberikan arahan pada pembukaan manasik  menyampaikan, pelaksanaan manasik haji sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tatacara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam, serta proses perjalanan Haji.

Dikesempatan ini, dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji Kota Sibolga yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Saya mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu sekalian calon jamaah haji Kota Sibolga yang telah di panggil Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam yang Kelima ini, kita harus bersyukur karena masih diberi kesempatan menunaikan ibadah haji dibandingkan saudara – saudara kita yang seharusnya berangkat tertunda karena sesuatu hal seperti sakit, atau meninggal dunia,” ucap Syarfi.

Wali Kota Sibolga juga berpesan, agar kiranya para calon Jama’ah mempersiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, karena ibadah haji ini kebanyakan ibadah fisik, disamping itu pemahaman tentang tata cara menunaikan ibadah haji sesuai syariat islam dan rukun dengan sempurna. Dan berharap kiranya para calon Jama’ah mempergunakan manasik haji dengan waktu yang sesingkat ini dengan baik agar jamaah lebih siap dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah dan memperoleh Haji Mabrur sepulang dari tanah suci, dan nilai – nilai kemabruran yang diperoleh sesudah ibadah haji menjadi peluang bagi kita untuk peningkatan iman, ilmu dan amal saleh baik secara individual maupun sosial, kata Syarfi.

Kakan Kemenag Kota Sibolga Dr Mardinal Tarigan, yang di wakili Drs. Aswad Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, sebanyak 34 calon Jamaah Haji Kota Sibolga yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah akan melaksanakan Manasik haji selama 2 hari yang bertujuan memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji dalam pelaksanaannya mulai dari pemberangkatan ke Tanah Suci hingga pemulangan ke tanah air.

Aswad juga menyampaikan, calon Jamaah Haji Kota Sibolga yang biasanya untuk menuju asrama haji medan dan pulang ke Sibolga menggunakan bus, maka tahun ini akan menggunakan transportasi udara yang merupakan  bantuan dari Pemerintah Kota Sibolga, serta mendapat bantuan berupa uang saku 200 riyal per orang.           (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X