Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN BAGI ANAK SEKOLAH (PMT-AS) KOTA SIBOLGA TAHUN 2014

SIBOLGA – Sesuai dengan Visi atau cita-cita Pemerintah Kota Sibolga, yakni membangun masyarakat yang sehat, cerdas, sejahtera dan beradab, maka Pemerintah Kota Sibolga terus berupaya meningkatkan kualitas/derajat kesehatan masyarakat Kota Sibolga.

Salah satu bentuk program pembangunan yang dilaksanakan yaitu memelihara dan meningkatkan kesehatan mulai dari Pra-nikah, usia dalam kandungan, bayi, balita, anak Pra-sekolah, anak sekolah, remaja dewasa, hingga menjadi penerus bangsa yang kuat dan berdaya saing.

Status gizi merupakan faktor yang strategis dalam tumbuh kembang anak sampai dewasa. Untuk itu Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Kesehatan telah menyediakan makanan tambahan bagi semua kelompok umur yakni ibu hamil, bayi, balita yang mengalami gizi buruk ataupun gizi kurang berdasarkan hasil penimbangan dan pemantauan status gizi di posyandu.

Sebagai bentuk dukungan mensukseskan program anak Sibolga sehat, Dinas Kesehatan Kota Sibolga pada hari ini, Jumat (19/12) melaksanakan pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah bertempat di SD 081236 dan SD 084080 Jalan Kesturi, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, dan penyerahan makanan ini dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori dan Kadis Kesehatan Yusuf Batubara.

Wali Kota mengatakan dalam sambutannya bahwa status gizi anak sekolah merupakan sesuatu hal yang penting dalam proses tumbuh kembang anak saat menerima pelajaran di sekolah. Status gizi pada kelompok anak sekolah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena memiliki dampak luas yang tidak saja pada aspek kesehatan, gizi dan pendidikan masa kini, tetapi juga secara langsung mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di masa mendatang.

Syarfi Hutauruk menjelaskan bahwa aspek strategis yang penting dari pemeliharaan dan peningkatan gizi yang dimaksud diantaranya adalah anak sekolah sedang mengalami pertumbuhan secara fisik dan mental yang sangat diperlukan guna menunjang kehidupannya di masa mendatang, guna mendukung keadan tersebut anak sekolah memerlukan kondisi tubuh yang optimal dan bugar sehingga memerlukan status gizi yang baik, anak sekolah dapat dijadikan perantara dalam penyuluhan gizi pada keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Oleh karena inilah, Pemerintah Kota Sibolga memberikan makanan tambahan pada anak sekolah (PMT-AS) berupa roti yang kadar gizinya telah disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan anak sekolah SD se-Kota Sibolga sebanyak 3.500 orang yang dalam satu paket di konsumsi selama 30 hari yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas status gizi yang lebih baik sehingga semua anak sekolah SD yang ada di Kota Sibolga menjadi sehat dan cerdas yang kelak menjadi generasi yang kuat dan berdaya saing.

Dan makanan tambahan ini tidak diperbolehkan untuk dikomsumsi oleh para orang tua bahkan anak remaja sekalipun, karena dikhususkan bagi anak-anak dan tidak ada gunanya bila dikomsumsi oleh yang bukan anak-anak, ujar Wali Kota menegaskan.    (hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X