Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PKK KOTA SIBOLGA GELAR LOMBA TARI KREASI TRADISIONAL SEBAGAI BENTUK KECINTAAN DAN LESTARIKAN BUDAYA TRADISIONAL

SIBOLGA – Guna bangkitkan kepedulian dan kecintaan anggota serta Kader PKK dalam melestraikan budaya tradisional serta memupuk semangat untuk lebih berprestasi lagi dalam mewujudkan kreatifitas terhadap seni, TP. PKK Kota Sibolga laksanakan kegiatan tari kereasi daerah se-Kota Sibolga, Kamis (02/06), di lapangan Simare – mare Kota Sibolga. 

Ketua pelaksana lomba, Kepala Kantor PMK Kota Sibolga Agus Saleh menyampaikan dalam laporannya, lomba tari kreasi ini dilaksanakan selain bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya bagi anggota dan kader PKK Sibolga, juga bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan anggota, peran aktif anggota dalam kegiatan PKK Kota Sibolga. 

Ketua TP. PKK Kota Sibolga Hj. Delmeria Sikumbang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tari kreasi daerah merupakan jenis tarian yang terbentuk dari jenis tari tradisional, yang kemudian diberikan sentuhan inovasi pada gerakannya. Tari kreasi ini mengajak kita semua untuk senantiasa melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya tradisional kepada generasi muda bahwa tarian daerah juga dapat diperbaharui dengan mengkombinasikannya dengan tarian yang bersifat modern, sehingga menjadi sebuah tarian yang menarik, ungkapnya. 

Hj. Delmeria Sikumbang juga menyampaikan harapan, melalui kegiatan lomba tari kreasi ini, dapat membina dan memupuk rasa persaudaraan serta kebersamaan di antara seluruh anggota TP. PKK, baik pengurus maupun kader yang ada di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan se-Kota Sibolga. 

Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk MM saat memberikan sambutan dan membuka acara lomba tersebut menyampaikan, Indonesia memiliki ragam budaya, begitu pula Kota Sibolga. Ragam budaya yang unik dan khas, sehingga Indonesia menjadi tujuan wisata yang paling tepat. Oleh sebab itu, adanya arus modernisasi, dikhawatirkan akan mengikis budaya tradisional, maka perlu kiranya pelestarian budaya tradisional, ungkapnya. 

Syarfi juga menyampaikan harapannya, bagi seluruh anggota dan kader PKK bisa menghayati serta menjiwai nilai nilai kesenian tari tradisional sebeb dengan ini dapat membentuk karakter sekaligus kepribadian yang baik bagi PKK beserta kader – kadernya, ungkapnya. 

Kegiatan lomba ini beralangsung selama satu (1) hari penuh. Diikuti sebanyak 204 orang anggota PKK kelurahan beserta kader se-Kota Sibolga. Pemenang dari lomba ini akan diberikan hadiah pembinaan yang penyerahannya akan dilaksanakan pada acara penutupan  BBGRM Kota Sibolga.        (nobon)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X