Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SAMBUT HARI KOPERASI, SMA KHATOLIK PEMENANG LOMBA TANGKAS TERAMPIL KOPERASI

Sibolga – Meningkatkan Pemahaman akan kekoperasian, Dinas Koperasi UKM dan Ketenaga Kerjaan Kota Sibolga, menggelar Lomba Cerdas Cermat Tangkas Terampil Koperasi antar pelajar tingkat SLTA se-Kota Sibolga, Selasa (4/7), di Gedung Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus menyambut Hari Koperasi ke- 70 yang jatuh pada tanggal 12 Juli mendatang.

Sebanyak 12 Sekolah tingkat SLTA diundang untuk mengikuti perlombaan tangkas terampil koperasi, namun hanya lima sekolah yang menyatakan bersedia mengikutinya, dan dari hasil lomba tersebut, SMA Swasta Khatolik berhasil menjadi juara dan mewakili Kota Sibolga pada lomba tangkas terampil wilayah pembangunan I yang diselenggarakan di Sipirok pada tanggal 5 Juli 2017 mendatang.

“SMA  yang ikut dalam lomba Tangkas Terampil ini terdiri dari SMA negeri 1 Sibolga, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMK Negeri 1, SMK Negeri  3, SMA Swasta Khatolik Dan MAS Islamiyyah Sibolga, dan hasil SMA Khatolik menjadi perwakilan Kota Sibolga pada lomba tingkat wilayah pembangunan I yang digelar di sipirok tanggal 5 Juli 2017, dan pemenang dari wilayah I akan bertanding di tingkat Provinsi sumatera Utara,” ucap Kadis Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga Junifati Ziliwu dalam laporannya.

Disampaikan Junifati Ziliwu, bahwa tujuan pelaksanaan lomba tangkas terampil koperasi ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk meningkatkan pengetahuan tentang kekoperasian yang diharapkan para pelajar mampu mengaplikasikan di sekolah masing – masing, membentuk koperasi pelajar.

Sebelumnya Wali Kota Sibolga yang diwakili Asisten II Pemko Sibolga Juneidi Tanjung, saat  membacakan sambutan sekaligus membuka acara lomba tersebut mengatakan, melalui kegiatan ini para pelajar dapat memahami peran koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia.

“Koperasi sebagai Soko guru perekonomian Indonesia yang berguna untuk menanamkan pentingnya sistem ekonomi kerakyatan bagi generasi muda,” ungkap Juneidi.

Dijelaskan Juneidi, saat ini Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan dengan tumpuan utama adalah perekonomian pada usaha – usaha mikro kecil dan menengah dan salah satu upaya yang dilakukan dengan menghidupkan kembali peran koperasi sebagai pendorong utama perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, Wali Kota Sibolga melalui Juniedi, berharap kepada para peserta untuk dapat memberikan yang terbaik, dengan ilmu yang diperoleh dapat membawa harum nama Kota Sibolga di kancah nasional, serta dengan mengikuti kegiatan ini dapat merubah mainset atau pemikiran tentang koperasi, betapa pentingnya bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Pelaksanaan puncak perayaan hari koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2017 mendatang di pusatkan di Kota Makasar. Kegiatan Lomba Tangkas Terampil Koperasi yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan tersebut bekerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopin) Kota Sibolga. (amir/rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X