Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LOMBA MENDONGENG TINGKAT ORANG TUA TAHUN 2018

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Perpustakaan Kota Sibolga menggelar lomba mendongeng tingkat orang tua, Kamis (13/12) pagi, bertempat di halaman Kantor Dinas Perpustakaan Kota Sibolga. Dalam lomba ini orang tua di tantang mampu memberikan penampilan semenarik mungkin dalam lomba agar membuat anak-anak tertarik dengan cerita/dongeng yang diceritakan.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Maulidanda, S.Ag, M.Pd menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan lomba mendongeng tingkat orang tua tahun 2018 adalah untuk melestarikan tradisi mendongeng dalam keluarga dan meningkatkan kemampuan para orang tua di Kota Sibolga dalam mendongeng, sehingga mempererat ikatan emosi anak dengan orang tua sejak dini, dan adapun peserta lomba mendongeng tingkat orang tua ini sebanyak 35 orang dan kepada pemenang diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala, dan piagam penghargaan.

Membuka kegiatan ini, Wali Kota Sibolga dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Administrasi Umum, Josua Hutapea, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa baik buruknya karakter/perilaku anak pada masa mendatang sangat ditentukan dari pola didik para orang tua dalam keluarga dan di lingkungan terdekatnya. Maka dari itu, para orang tua diharapkan dapat membiasakan anaknya agar gemar membaca kapan dan dimana saja selama bacaan tersebut bermuatan positif.

Sambungnya, pada masa kini, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi serta semakin tingginya tingkat kesibukan manusia, telah jarang orang tua yang membacakan dongeng kepada anak-anaknya, keadaan ini membuat banyak anak tidak tahu tentang keanekaragamannya cerita rakyat Indonesia, anak juga kurang memahami dan mencintai budaya leluhur dan melihat kondisi saat ini, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Perpustakaan Kota Sibolga kembali memberdayakan budaya gemar membaca dikalangan orang tua, khususnya cerita rakyat untuk itu. Dinas Perpustakaan Kota Sibolga memfasilitasi dan memotivasi para orang tua untuk kembali mendongeng melalui pelaksanaan kegiatan lomba mendongeng tingkat orang tua”.ujar Josua.

Sementara itu, yang menjadi dewan juri dalam lomba ini yakni, Dicky Syahputra yang merupakan salah satu Kepala Bidang di Dinas Perpustakaan Kota Sibolga, Drs.Sabar Lumban Tobing dan Yasmurni Jambak yang keduanya merupakan tokoh masyarakat Kota Sibolga.

Kegiatan lomba ini diikuti sebanyak 35 peserta orang tua yang merupakan perwakilan dari seluruh kelurahan se-Kota Sibolga. Diakhir acara, panitia lomba mengumumkan para pemenang yang berhasil meraih juara, yakni Juara I diraih Marisa Ayu, Juara II Nurmina, dan Juara III Etri Puspita Sinaga, sedangkan untuk juara harapan satu sampai harapan tiga diraih oleh Lina,Yurni Sinaga, dan Aisyah Sinaga.    (Rj)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *