Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA SAMPAIKAN LKPJ TA. 2015

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota TA. 2015 dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Sibolga yang di Pimpin langsung Oleh Ketua DPRD Kota Sibolga Tony Agustinus Lumban Tobing di ruang rapat utama Kantor DPRD Kota Sibolga, Rabu (15/06).

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, bahwa mekanisme LKPJ Kepala Daerah disampaikan pada sidang Paripurna DPRD, kemudian dilakukan pembahasan secara internal oleh DPRD guna menghasilkan rekomendasi perbaikan pemerintah daerah yang kemudian hal ini menjadi wahana bagi peningkatan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Dalam pidato pengantarnya, Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk menyampaikan Rencana dan Realisasi Pelaksanaan APBD yang meliputi Rencana Pendapatan Daerah TA. 2015, Rencana Belanja APBD Kota Sibolga TA. 2015 dan Rencana Pembiayaan Daerah TA. 2015.

Rencana penerimaan Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2015 yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah, ditargetkan sebesar Rp. 630,208 Milyar dengan realisasi sebesar Rp 609,828 Milyar atau 96,77 %. Penerimaan PAD berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain PAD yang sah. Kemudian Dana Perimbangan yang bersumber dari Dana Penerimaan APBN yang dialokasikan kepada daerah berasal dari dana bagi hasil pajak, pendapatan bagi hasil bukan pajak, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus. Sementara Lain-lain pendapatan yang sah berasal dari dana bagi hasil pajak provinsi dan daerah lainnya, bantuan keuangan dari provinsi atau pemerintah lainnya, dana tambahan penghasilan guru PNSD, dana tunjangan profesi guru PNSD.

Realisasi belanja daerah APBD Tahun Anggaran 2015 mencapai Rp. 594,579 Milyar atau 85,39 % dari rencana belanja daerah sebesar Rp. 696,408 milyar. Persentase realisasinya menurun jika dibandingkan dengan realisasi belanja daerah tahun 2014 sebesar Rp. 521,086 milyar atau sebesar 89,47 % dari rencana belanja daerah sebesar Rp. 582,370 milyar.

Pembiayaan daerah dalam tahun anggaran 2015, dianggarkan sebesar Rp. 66,199 milyar dengan realisasi sebesar Rp. 65,932 milyar atau 99,6 % berupa penerimaan sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu sebesar Rp. 61, 289 milyar.

Berbagai perubahan dan keberhasilan Kota Sibolga dalam satu tahun terakhir secara umum telah terlaksana. Hal tersebut dapat ditunjukkan dalam bidang pendidikan dengan indikator pencapaian keberhasilan yang dapat dikatakan sangat baik yakni angka kelulusan peserta didik untuk tingkat SD s/d SMA sederajat mencapai 100 %, namun di tingkat SMK terdapat 2 orang peserta yang tidak lulus atau sekitar 99,83 %.

Kemudian dalam bidang kesehatan, yang menjadi salah satu prioritas pembangunan masih tetap menunjukkan hasil yang baik. Dapat dibuktikan dengan angka derajat kesehatan masyarakat Kota Sibolga yang mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2014, serta penetapan status RSU Dr. FL Tobing menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang juga menjadi salah satu upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan.

Bukan hanya bidang pendidikan dan bidang kesehatan, perubahan dan keberhasilan Kota Sibolga dalam satu tahun terakhir juga dapat dilihat dalam bidang ekonomi meskipun belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Bidang infrastruktur  yang salah satunya dapat dilihat dengan pembangunan Rigid Beton bertulang di beberapa ruas jalan Kota Sibolga. Kemudian juga pengentasan kemiskinan dan penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan dengan beberapa program yang didanai oleh APBN maupun APBD, jelas Syarfi Hutauruk.

“Untuk menyempurnakannya, kiranya dapat dibahas secara seksama pada tingkat-tingkat pembicaraan selanjutnya. LKPJ kiranya akan diberikan rekomendasi perbaikan dan terhadap laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD diharapkan akan mendapatkan persetujuan bersama hingga disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)”, pungkas Syarfi Hutauruk sebelum mengakhiri sambutannya.

Setelah penyampaian pidato pengantar tersebut, Wali Kota Sibolga didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang menyerahkan berkas LKPJ kepada pimpinan DPRD Kota Sibolga. Hadir dalam acara tersebut selain seluruh anggota DPRD, Sekda Kota Sibolga, Muspida Plus, serta Pimpinan SKPD.        (rian)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *