Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

DPRD GELAR PARIPURNA LKPJ WALI KOTA SIBOLGA TAHUN ANGGARAN 2016

SIBOLGA – DPRD Kota Sibolga menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Sibolga Tahun Anggaran (TA) 2016, Selasa (11/4), bertempat di gedung Paripurna DPRD Kota Sibolga.

Rapat Paripurna yang digelar di ruang sidang utama DPRD Sibolga tersebut dipimpin Ketua DPRD Tonny A Lumban Tobing didampingi Wakil Ketua Jamil Zeb Tumori dan Hendra Sahputra. Dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pimpinan lembaga vertikal, Sekda Kota Sibolga, serta para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Dalam rapat paripurna, Legislatif menerima seluruh nota keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga TA 2016 yang disampaikan Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, untuk dibahas dan ditanggapi dalam pandangan umum dewan nantinya.

Wali Kota mengatakan, penyampaian LKPj merupakan amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 3 Tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah kepada Legislatif, dan informasi laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

“Penggunaan anggaran tahun 2016 telah berakhir, maka selaku Wali Kota, saya bertanggung jawab atas penggunaan anggaran tersebut yang sesuai aturan harus dilaporkan kepada Legislatif untuk mendapatkan tanggapan maupun masukan agar pembangunan daerah dapat berjalan lebih baik ke depan,” kata Wali Kota Syarfi Hutauruk dihadapan 17 dari 20 anggota dewan yang hadir dalam paripurna tersebut.

Diungkapkan beliau, secara umum, laporan keuangan APBD Sibolga Anggaran 2016, realisasi pendapatan daerah mencapai 92,30 persen yaitu, senilai Rp623,4 miliar dari rencana sebesar Rp675,4 miliar. Hal itu meliputi, realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp68,5 miliar dari Rp68,04 miliar atau 100,75 persen, realisasi pajak daerah Rp7,5 miliar dari Rp7,6 miliar.

Kemudian, realisasi penerimaan retribusi daerah Rp4,4 miliar dari Rp4,5 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang disahkan Rp9,4 miliar dari Rp8,6 miliar. Lain-lain PAD yang sah Rp47,05 miliar dari Rp 47,1 miliar.

Realisasi penerimaan dana perimbangan Rp530,4 miliar dari rencana penerimaan sebesar Rp578,9 miliar. Realisasi dana bagi hasil pajak Rp15,3 miliar dari Rp23,2 miliar, dana bagi hasil bukan pajak Rp1,7 miliar dari Rp2,2 miliar.

Realisasi penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU) Rp412,8 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) terealisasi Rp100,5 miliar dari Rp140,6 miliar, lain-lain pendapatan yang sah Rp24,4 miliar dari Rp28,4 miliar, dana bagi hasil pajak provinsi dan daerah lainnya Rp17,9 miliar. Bantuan keuangan provinsi atau pemerintah daerah lainnya Rp1,4 miliar dari Rp5,5 miliar, dana insentif daerah Rp5 miliar, beber Wali Kota.

Diakhir rapat paripurna, Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk didampingi Wakil Wali Kota Edipolo Sitanggang dan Sekda M. Sugeng menyerahkan secara simbolis Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Wali Kota Sibolga Tahun 2016 kepada Ketua DPRD Sibolga Tonny A Lumban Tobing didampingi Wakil Ketua Jamil Zeb Tumori dan Hendra Sahputra, disaksikan seluruh anggota DPRD dan undangan yang hadir. (hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X