Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

POLRES SIBOLGA LAUNCHING APLIKASI “POLISI KITA”

 

 

Mudahkan Masyarakat Dalam Mendapatkan Pelayanan Dari Institusi Kepolisian

SIBOLGA – Launching “Polisi Kita” di Polres Sibolga ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi bersama Wakapolres Kota Sibolga Kompol Efianto, SH dan Sekda Kota Sibolga serta didampingi oleh SKPD Kota Sibolga di halaman Kapolres Kota Sibolga. Minggu (5/02) Pagi. acara ini turut dihadiri para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Launching “Polisi Kita” ini diadakan serentak dijajaran Polda Sumatera Utara (Sumut) yang dibuka langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang merupakan konsep “e-policing” atau pelayanan kepolisian terpadu berbasis elektronik di jajaran Polda Sumatera Utara.

Peluncuran program di Lapangan Merdeka Medan, Minggu itu disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asmam Abnur, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, anggota Komisi III DPR RI Hasrul Azwar, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri.

Aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk menyampaikan kejadian, mulai dari tindak kriminalitas dan gangguan lainnya yang dirasakan masyarakat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga melalui Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut yang menyiapkan konsep e-policing untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari institusi kepolisian.

Edi Polo mengatakan,  tata aplikasi e-policing merupakan upaya peningkatan pelayanan yang berbasis IT. Ini merupakan salah satu inovasi yang sangat bagus dan perlu didukung untuk diterapkan di lingkungan kepolisian, sehingga hubungan antara polisi dan masyarakat dapat berhubungan tanpa batas ruang dan waktu.

Namun selain peluncuran program e-policing, dirinya  juga berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut khususnya Polres Sibolga,  sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat.

Sementara itu, Wakapolres Kota Sibolga Kompol Efianto mengungkapkan, program e-policing ini sesuai dengan isi poin pertama konsep nawacita yang diusung Presiden Joko Widodo, agar instrumen negara selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya program ini, ada keinginan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat yakni adanya upaya cepat dari kepolisian atas pengaduan dan informasi yang diberikan.

“Jadi, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone Android dalam menyampaikan kejadian tindak kriminalitas ataupun gangguan lainnya, ucap Kompol Efianto.        (hendri/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X