Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LAPAN BERIKAN BIMTEK PENANGKAPAN IKAN PADA NELAYAN SIBOLGA

SIBOLGA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) baru-baru ini mengadakan bimbingan teknis tentang Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) sekaligus memberikan bantuan peralatan teknologis berupa GPS dan Fishfinder kepada nelayan-nelayan Sibolga. Ini adalah kali kedua lembaga nasional tersebut mengadakan kegiatan serupa di Sibolga, setelah tahun lalu. Acara yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kota Sibolga dan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 20-21 September di Hotel Wisata Indah ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk,  Jumat lalu (20/9).

Ketua HNSI Kota Sibolga Irfan Ichwan Tandjung mengaku sangat gembira dan bersyukur kepada Tuhan bahwa nelayan Kota Sibolga mendapat kepercayaan dari LAPAN Jakarta serta berharap kerjasama tersebut tetap berlanjut ke tahun-tahun mendatang. “Sibolga tidak memiliki laut yang cukup, tetapi mempunyai armada dan masyarakat nelayan yang handal, sehingga perlu dibekali dengan teknologi dan alat-alat yang cukup untuk dapat mensejahterakan keluarganya”.

 “Kota Sibolga sangat beruntung karena memiliki Walikota yang sangat peduli dengan kehidupan nelayan. Jadi kami mencoba menjembatani masalah teknologi nelayan, sehingga teknologi ini bisa digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan dan menambah penghasilan”, demikian sambutan  Ir. Dedi Irawady, M.Si, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN.

Sementara itu Walikota Sibolga dalam sambutannya menyampaikan terimakasih oleh kepedulian LAPAN dan semua pihak akan pengembangan perikanan Sibolga. “Potensi perikanan kita cukup tinggi, tetapi kita tidak bisa lagi mengandalkan cara manual karena sekitar kita negara-negara tetangga sudah menggunakan teknologi yang tinggi untuk menangkap ikan. Contohnya negara Thailand dan China. Mereka mengetahui dimana posisi ikan tetapi kita tidak. Kita akan ketinggalan kalau tidak menggunakan teknologi. Karena itu, saya mewakili Pemerintah Kota Sibolga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Komisi VII DPR RI khususnya Drs. Jhonny Allen Marbun dan kepada LAPAN yang telah berkenan sudah tahun kedua datang ke Kota Sibolga memberikan bimbingan teknis, sosialisasi dan bantuan tata cara penangkapan ikan di zona potensi penangkapan ikan,” katanya.

Setelah secara resmi acara dibuka, Walikota didampingi perwakilan LAPAN menyerahkan GPS dan Fishfinder secara simbolis kepada dua orang perwakilan nelayan. Bantuan yang didapat oleh nelayan Kota Sibolga dari LAPAN ini merupakan hasil dorongan dan saran Jhonny Allen Marbun dari  Komisi VII DPR RI. Selaku anggota DPR RI dari dapil 2 Sumatera Utara yang salah satunya Kota Sibolga, Jhonny Allen tentunya turut merasakan kesulitan nelayan-nelayan kecil si daearah ini.

Turut hadir dalam acara tersebut staf ahli DPR RI komisi VII Roy Simanjuntak, Anggota DPRD Kota Sibolga dari Komisi II Jimmy Hutajulu, yang mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan, dan peserta bimtek dari berbagai kelompok nelayan Sibolga sebanyak 54 orang. (bjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X