Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA RESMIKAN PENGOPERASIAN KMP WIRA VICTORIA

 

“KMP Wira Victoria Utamakan Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang”

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM meresmikan pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Victoria, Selasa (3/5) di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga. KMP ini akan melayani rute penyeberangan Sibolga – Nias. Peresmian KMP Wira Victoria dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Direktur PT. Wira Jaya Logitama Lines (WJL) Sukiarto, Komisaris Utama PT. Wira Jaya Logitama Lines Kelvin Wirawan, Kepala KSOP Sibolga Alwi Tikka SE, MM dan Kapolres Sibolga AKBP Didi Wahyudi S.I.K, dan Muspida lainnya. 

Direktur PT Wira Jaya Logitama Lines Sukiarto dalam sambutannya menyampaikan rasa sangat berbahagianya karena Wali Kota Sibolga bersama Wakil Wali Kota Sibolga dan para undangan yang berkenan hadir bersama diatas kapal KMP Wira Victoria. 

Letak Kota Sibolga secara gografisnya merupakan pintu gerbang ke pulau-pulau seberang dan sebagaimana diketahui, Pemko Sibolga yang rencananya akan segera meresmikan pelabuhan ASDP yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang serta kendaraan yang akan menyeberang ke pulau-pulau seberang. Sehubungan dengan itu kami perusahaan penyeberangan tentu sangat mendukung rencana tersebut”, katanya. 

Sukiarto mengungkapkan, sebagai langkah ikut berpartisipasi memajukan pembangunan Kota Sibolga sebagai kota pintu gerbang pelabuhan, maka  pihak PT Wira Jaya logitama lines (WJL) serius melakukan investasi dengan membangun kapal-kapal baru untuk melayani seluruh Indonesia. 

“Dan hari ini telah tiba salah satu kapal yang bernama KMP Wira Victoria, dan dalam beberapa bulan mendatang akan menyusul 2 kapal berikutnya yang akan terima pada tahun ini. KMP Wira Victoria dibangun pada tahun 2015 sesuai dengan persyaratan standar internasional yang mengutamakan keselamatan dan mengutamakan kenyamanan penumpang, dan telah mendapatkan persetujuan baik kelayakan dari sisi konsumtif, keselamatan, peralatan di atas kapal dari Kemenhub RI”, ucapnya. 

Masih dikatakan Sukiarto, bahwa KMP Wira Victoria memiliki ukuran panjang total 90 meter, dan lebar kapal adalah 18 meter. Dan kendaraan bisa diangkut 2 lantai, dimana diatas untuk mobil pribadi dapat dimuat sebanyak 35 unit dan untuk dibawah dapat dimuat sebanyak 55 unit untuk truk dan campuran. 

Kapasitas total penumpang sebanyak 700 orang, yang dilengkapi sarana berupa ruang sholat, ruang untuk ibu menyusui, klinik bagi penumpang untuk pertolongan pertama, ruang penumpang full AC dan ruang terbuka yang bisa menampung sebanyak 80 orang dan dilengkapi dengan televisi dan video”, katanya. 

Diharapkan, dengan hadirnya KMP Wira Victoria sebagai kapal penyeberangan, nantinya dapat meningkatkan arus penyeberangan penumpang dan logistik ke pulau-pulau seberang yakni mengangkut barang-barang kebutuhan pokok  berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari.Dan sebaliknya dari pulau-pulau seberang mengangkut hasil bumi k
embali ke pintu gerbang Kota Sibolga, semoga itu dapat bermanfaat bagi Kota Sibolga dan kita  berkomitmen untuk membantu Pemko Sibolga untuk menjadikan Kota Sibolga menjadi kota pelabuhan penyeberangan sekaligus mendukung program pemerintahan Jokowi “Tol Laut”
, ucapnya.

Kepala Sahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga Alwi Tika dalam sambutannya menyampaikan, mengapresiasi keberadaan KMP Wira Victoria di Kota Sibolga, karena dapat menanggulangi lonjakan penumpang pada saat perayaan libur Natal dan Tahun Baru. “Dengan adanya KMP Wira Victoria sehingga dapat menampung penumpang hingga 700 orang sehingga dapat menanggulangi lonjakan penumpang. Dan semoga para stake holder agar dapat bekerjasama, dan mudah-mudahan dapat menambah armada yang lebih bagus lagi”, katanya. 

Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan Pemko Sibolga mengucapkan selamat dan sukses kepada PT WJL yang telah menambah 1 unit kapal perjalanan ke Pulau Nias.

“Saya sangat salut terhadap Direktur PT Wijaya Logitama Lines Sukiarto atas keberaniannya telah menambah armada kapalnya, yakni KMP Wira Victoria. Ini dapat terjadi karena ada kepercayaan”, kata Syarfi. 

Dirinya menambahkan,  siapa saja boleh membuka usaha dan tidak ada pandang bulu. Apalagi saat ini dalam menghadapi MEA, maka itu kita harus siap dan tidak boleh menolaknya. 

“Sebentar lagi pelabuhan yang di Jalan KH Ahmad Dahlan (ASDP) akan segera dioperasikan tinggal menunggu peresmian dari pemerintah pusat. Paling lambat akhir bulan ini akan diresmikan oleh pemerintah pusat”, ucapnya. 

Wali Kota juga menyampaikan, bahwa tidak cukup hanya 1 kapal ini, perlu juga ditambah kapal lainnya.“Mudah mudahan KMP Wira Victoria dapat beroperasi dengan baik dan berkembang, sehingga perekonomian masyarakat di Kota Sibolga dapat meningkat dan tingkat pengangguran juga akan berkurang”, harapnya.        (amir)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X