Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KESBANGPOL BERSAMA KPU GELAR SOSIALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017

SIBOLGA – Bertempat di aula Zulkifli Tanjung, Kantor Makolanal Kota Sibolga, Kantor Kesbangpol bersama KPU Kota Sibolga menggelar sosialisasi Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), Senin (07/05/18) pagi.

Laporan Ketua Panitia, Kepala Kantor Kesbangpol Irwan Ahuy Sitanggang menyampaikan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu yang dilaksanakan di Kota Sibolga tersebut adalah untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum di Kota Sibolga, khususnya yang akan dilaksanakan secara serentak.

Selain juga untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan pemilu DPR, DPD, DPRD serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI secara serentak, berdasarkan peraturan perundang – udangan yang baru, dan diharapkan kegiatan sosialisasi ini juga mampu menjadi bekal pengetahuan dan kesiapan serta meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kota Sibolga.

Sambutan Wali Kota Sibolga dalam hal ini di wakili Asisten I Josua Hutapea, mengatakan, dalam sosialisasi ini maupun pada pelaksanaan nanti, ada beberapa hal krusial yang perlu diperhatikan yaitu, jadwal tahapan pemilihan, kenetralan PNS, data penduduk pemilih, kampanye, tata cara pemungutan suara, sebagai upaya untuk menjamin agar pemilukada dapat berjalan secara baik. Dan kiranya juga peran aktif tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendidik serta aparat keamanan diharapkan agar dapat arif dan bijak dalam bersikap dan berperilaku.

Dijelaskan Josua Hutapea,  kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghimbau, mengajak dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

Oleh sebab itu, demi tercapainya tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi undang – undang tentang pemilu ini, juga membutuhkan dukungan dari stakeholders lain diluar penyelenggara tersebut, yaitu pemerintah daerah, jajaran kepolisian/polres, jajaran TNI/Kodim, lurah serta masyarakat. Sehingga diharapkan sosialisasi ini mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat, sehingga penyelenggaraan pemilihan yang akan berlangsung nantinya berjalan dengan tertib dan lancar.

Di sesi terakhir acara, Ketua KPU Kota Sibolga Nadzran, selaku  narasumber pada kegiatan ini, menyampaikan kepada peserta agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh dalam pemilu mendatang, dan menjadi pemilih yang cerdas bukan menjadi pemilih yang panatik buta, agar pilkada serentak ini dapat berjalan dengan lancar.

Adapun yang menghadiri sosialisasi ini antara lain, Sekretaris KPU Sibolga Incahwadi Tanjung, pimpinan OPD Kota Sibolga dan 200 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat dari 17 kelurahan di Kota Sibolga. (rj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X