Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KEPALA SEKOLAH DAN GURU SE-KOTA SIBOLGA IKUTI BIMTEK SEKOLAH ADIWIYATA

“Warga Sekolah dituntut peduli pelestarian lingkungan hidup di lingkungan sekolah”

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kota Sibolga, menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Sekolah Adiwiyata kepada Kepala Sekolah dan Guru SD/MI, SLTP dan SLTA se-Kota Sibolga, yang dilaksanakan di aula Dinas PKPLH Kota Sibolga, Selasa (4/9/2018), pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kota Sibolga Ir.Mauli Badia, Sekretaris Dinas PKPLH Kota Sibolga Mestika Hutagalung, narasumber dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Akmal Syahputra, ST,M.HUM.

Membacakan sambutan Wali Kota Sibolga, Kepala Dinas PKPLH Kota Sibolga Ir. Mauli Badia menyampaikan bahwa, Adiwiyata adalah salah satu upaya untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam pelaksanaan program Adiwiyata diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma-norma dalam upaya berperikehidupan yang antara lain meliputi, kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.“Sebagai salah satu penghuni planet bumi ini, kita berkewajiban menjaga kelestarian alam dan lingkungan yang dimulai dari diri kita sendiri dan kemudian dimulai dari hal yang terkecil sampai saat ini juga,”ucapnya.

Meski demikian, pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.Capaian akhir program Adiwiyata adalah diharapkan terbentuk sekolah berwawasan lingkungan. Sekolah berwawasan lingkungan hidup adalah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya, pengajaran yang berbasis lingkungan kesadaran warga sekolah akan pentingnya lingkungan merupakan bagian penting dari sekolah berwawasan lingkungan hidup.

Ketua panitia selaku Sekretaris Dinas PKPLH Kota Sibolga Mestika Hutagalung menyampaikan, bahwa tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah guru, murid dan pekerja lainnya, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan dan pembangunan berkelanjutan. Adapun peserta bimtek ini terdiri dari kepala sekolah SD/MI sebanyak 38 orang, kepala sekolah SLTP sebanyak 16 orang, kepala sekolah SLTA sebanyak 15 orang, serta guru SD/MI sebanyak 38 orang, guru SLTA sebanyak 16 orang, dan guru SLTA sebanyak 15 orang.

Adapun sekolah yang telah memperoleh Adiwiyata Nasional tingkat SD/MI sebanyak 3 sekolah yakni, SD Negeri 084087 Sibolga, SD Negeri 081239 Sibolga dan SD Negeri 081240 Sibolga, dan tingkat SMP sebanyak 3 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Sibolga, SMP Negeri 3 Sibolga, dan MTS Negeri Sibolga, serta untuk tingkat SMA hanya 1 sekolah yakni, SMK Negeri 2 Sibolga.(mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X