Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KEMKOMINFO RI BERIKAN BIMBINGAN TEKHNIS GERAKAN MENUJU 100 SMART CITY UNTUK KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Demi tercapainya kesuksesan program 100 Smart City di Kota Sibolga, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika berkunjung ke Kota Sibolga untuk memberikan Bimbingan Tekhnis ( BIMTEK ) kepada para IT yang telah di utus dari setiap OPD di Kota Sibolga agar dapat lebih mengenal apa saja langkah – langkah yang harus dilakukan agar tercapainya kesuksesan program Smart City di Kota Sibolga.

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertempat di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga di mulai pada Senin (16/07/2018) hingga Selasa (17/07/2018) diisi dengan pemaparan dan penjelasandari narasumber ibu Dwi Elfrida, SIP. MPPPA perwakilan Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo RI dan juga Bapak Fitrah Rahmat Kautsar, S.TP, ME tenaga ahli / pembimbing dari Kementrian Kominfo RI.

Pada acara pembukaan bimtek ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo SitanggangS.Pi, juga Sekretaris Daerah Kota Sibolga M Yusuf Batu Bara, dan para pimpinan OPD Kota Sibolga, perwakilan Danrem dan Polres Sibolga serta perwakilan instansi vertikal.

Laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Srasamaluddin, SE, M.M,  menyampaikan, bahwasanya tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah untuk memberikan informasi tentang persiapan, perencanaan, dan koordinasi dalam rangka penyusunan Masterplan Smart City, dan menentukan program Quick Win dengan cara diskusi antara Kemkominfo dan Dewan Smart City Kota Sibolga, lalu mengkoordinasikan dan mensinkronkan pemahaman konsep Smart City, manfasilitasi dalam pembekalan teknis pengelolaan Smart City oleh Kemkominfo dan memperkuat komitmen jajaran Pemerintah Kota Sibolga dalam mewujudkan program pelaksanaan E-government dan smart city service.

Sebelumnya Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk M.M, menyampaikan dalam sambutannya sangat mengapresiasi terlaksananya bimtek ini sebagai upaya untuk mendorong aparatur sipil negara (ASN) agar memahami tupoksi yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam mempersiapkan Kota Sibolga menuju Smart City dan menjadikan Sibolga sebagai kota masa depan yang cerdas.

“Penerapan smart city sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan cepat, serta lebih transparan, tentunya hal ini harus di dukung pula sistem digital layanan publik melalui teknologi informasi,” ucapnya.

Wali Kota menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota Sibolga sedang berbenah untuk menjadikan Kota ini sebagai kota pintar, dimana banyak hal yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Sibolga guna mewujudkan hal tersebut, seperti pemanfaatan E-Government dan pemanfaatan aplikasi dan hal lainnya, hal ini tentunya akan mendukung setiap aktivitas Pemerintah Kota Sibolga baik dalam hal pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, perizinan, administrasi kependudukan, dan pada bidang lainnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota berharap semoga masyarakat nantinya dapat memanfaatkan Program Smart City ini karena akan memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Kepada para peserta bimtek, beliau berpesan agar mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sebaik –baiknya.“Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga sebagai leading sektor dalam urusan informasi tekhnologi (IT) dan komunikasi dapat mendukung terwujudnya sibolga sebagai smart city dan juga di butuhkan kerja sama antara pihak pemerintah, swasta, dan publik, ini merupakan sebuah keharusan untuk menjamin keberhasilan smart city kedepannya,” tutur wali kota.

Di akhir acara Wali Kota Sibolga dan Wakil Wali Kota didampingi Sekda Kota Sibolga dan juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika berikan cindramata kepada ibu Dwi Elfrida, SIP. MPPPA perwakilan Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo RI dan juga Bapak Fitrah Rahmat Kautsar, S.TP, ME tenaga ahli / pembimbing dari Kementrian Kominfo RI sekaligus photo bersama.(rj)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X