Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Kelurahan Sibolga Ilir ikuti Penilaian Perlombaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Setelah terpilih sebagai Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Sibolga tahun 2019, Kelurahan Sibolga Ilir ikuti Penilaian Perlombaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Tahun 2019. Kegiatan penilaian dilaksanakan di Kelurahan Sibolga Ilir, oleh Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan di depan Kantor Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara  Kota Sibolga, pada Selasa (21/05/19) pagi.

Hadir pada saat kegiatan penilaian, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius A.Pi, Staf Ahli Pemko Sibolga Drs.Yasman, Wakil Ketua TP.PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat S.Pd, M.AP beserta jajaran pengurus PKK Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, Tokoh Masyarakat Kota Sibolga, pengurus LPM Kota Sibolga, serta para undangan lainnya.

Ketua Panitia yang merupakan Kepala Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga Nuraisyah, SKM, dalam laporannya menyampaikan, bahwa dalam rangka pemberdayaan masyarakat kelurahan, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong-royong masyarakat di kelurahan. Disisi lain, untuk melihat keberhasilan pembangunan di kelurahan, maka perlu dilakukan penilaian kelurahan terbaik, melalui perlombaaan kelurahan secara terarah, terpadu, terkoordinasi dan berkelanjutan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat Nasional.

Kemudian, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, dalam sambutannya menyampaikan, penilaian ini merupakan evaluasi dan penilaian atas tingkat perkembangan kelurahan dengan membandingkan 2 (dua) instrumen, yaitu pemantauan dan penilian tingkat perkembangan kelurahan yang cepat berkembang, sesuai dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Eksistensi penilaian ini adalah, bagaimana kemampuan seorang Kepala Kelurahan, dituntut pemahamannya dalam melaksanakan tugas, dengan dukungan jajaran perangkat  kelurahan, dalam mendorong peranan masyarakat, untuk ikut serta berpartisipasi aktif, dalam berbagai kegiatan pembangunan yang berlangsung di kelurahan, yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong-royong masyarakat.”, sebut Wakil Wali Kota.

“Tujuan utama penilaian kelurahaan ini, bukan semata-mata untuk mencapai juara dengan menyajikan data dan melalui ekspose ataupun laporan kerja, akan tetapi jauh lebih penting, bagaimana bagaimana upaya kita, untuk meningkatkan kerjasama masyarakat, dalam berbagai bidang pembangunan, yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Dengan tujuan meningkatkan kepedulian, berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan, dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.”, sambung Wakil Wali Kota.

Sebelum menghakhiri sambutannya, Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih, kepada unsur lembaga masyarakat yang tergabung dalam tim pembinaan kelurahan terbaik, yang telah berpatisipasi dan melakukan pembinaan kelurahan, dengan harapan mengantarkan Kelurahan Sibolga Ilir sebagai kelurahan terbaik, sekaligus menjadi perwakilan tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X