Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA BUKA KEGIATAN JURNALIS GOES TO SCHOOL

SIBOLGA – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) surat kabar Harian Rakyat Tapanuli Ke-5 Tahun 2016, Panitia HUT ke-5 Harian Rakyat Tapanuli melaksanakan kegiatan Jurnalis Goes To School di SMA Negeri 1 Sibolga, Sabtu (19/11).

Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk saat menyampaikan arahan dan bimbingan mengatakan, bahwa dirinya pernah 12 tahun bekerja menjadi wartawan, pernah praktek sebagai penyiar, aktif dalam pengurus kepemudaan, aktif dalam kepengurusan organisasi politik dan menjadi anggota DPR RI serta terpilih 2 periode sebagai Wali Kota Sibolga.  “Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam terhadap Harian Rakyat Tapanuli yang setiap Hari Ulang Tahun melaksanakan kegiatan Jurnalis Goes To School untuk memberikan pelatihan kepada para siswa sebagai bentuk perhatiannya kepada generasi muda,” katanya.

Syarfi juga menyampaikan, bahwa keberhasilan dapat tercapai bila memiliki kemauan, kemampuan dan tekad untuk maju merubah diri dengan belajar. “Makanya visi saya di periode pertama membangun masyarakat yang cerdas. Membangun Kota Sibolga harus dengan merubah pola pikir dan karakter, sehingga pola pikir dan karakter dapat dirubah dengan peningkatan SDM melalui pendidikan,” ucapnya.

Seorang wartawan dalam menulis berita harus memahami dasar-dasar jurnalistik dan memiliki kode etik, sehingga berita tersebut tidak melanggar kode etika. Oleh karenanya, seorang jurnalis harus memiliki banyak pengetahuan. Dikatakannya, media cetak dan elektronik sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dengan adanya media cetak dan elektronik, masyarakat dapat mengetahui informasi, dan juga sebagai sarana untuk pendidikan dan menghibur masyarakat.

Disamping itu, Syarfi Hutauruk turut menyampaikan kata semangat dihadapan para pelajar yang hadir agar mengedepankan pendidikan. “ Kedepan, kalau tidak sarjana, maka akan tergilas oleh waktu dan zaman. Kita harus merubah taraf hidup, merubah diri, menghilangkan ketertinggalan dan tatap masa depan dengan penuh optimis, pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala SMA Negeri 1 Sibolga Ali Sutan Lubis S.Pd menyampaikan, bahwa Sekolah SMA Negeri 1 Sibolga menyambut baik pelaksanaan  kegiatan Jurnalis Goes To School yang diselenggarakan Harian Rakyat Tapanuli tersebut. “Kita mendapat kehormatan atas dipilihnya SMA Negeri 1 Sibolga menjadi salah satu sekolah se-Kota Sibolga sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Jurnalis Goes To School. Selain kita, ada 2 sekolah lainnya yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan Jurnalis Goes To School. Tentu ini kebahagian dan keberuntungan bagi kita, mudah-mudahan kegiatan Jurnalis Goes To School dapat memberikan bekal kepada para siswa-siswi agar dapat menulis lebih cermat, teliti dan tepat sesuai dengan prosedur dan etika penulisan secara ilmiah,” ungkapnya.

Ali Sutan juga menyampaikan, dengan mendapatkan ilmu jurnalistik ini, maka kedepan para siswa/i akan mampu membuat banyak karya tulisan dan memberitakan semua kegiatan di sekolah ini sehingga semua orang dapat mengakses dan mengetahui kegiatan postif yang ada di sekolah ini.

“Sekolah kita kedepannya akan memiliki website resmi, tentu akan sangat postif apabila diisi dengan banyak karya tulisan dari siswa, sehingga semua orang dapat mengakses website ini untuk mengetahui kegiatan positif yang ada di sekolah SMA Negeri 1 Sibolga ini. Tentu pelatihan  kegiatan  Jurnalis Goes To School bekal bagi kita semua sehingga akan bermanfaat bagi para siswa-siswi. Dan mudah-mudahan kegiatan ini tidak berlangsung hari ini saja dan dapat berlanjut ditahun-tahun yang akan datang,” dikatakannya penuh harap.

Pimpinan Umum Harian Rakyat Tapanuli Afwan Nasution ST, menyampaikan bahwa Harian Rakyat Tapanuli adalah koran lokal Kota Sibolga yang berpusat di Kota Sibolga yang korannya telah beredar di Medan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Padang Sidempuan, Palas, Paluta, Madina, Taput, Tobasa, Samosir, dan Humbahas. Koran Harian Rakyat Tapanuli yang didirikan oleh putra Sibolga dan telah berumur 5 tahun. “Sebagai bentuk rasa syukur kami, maka kami melaksanakan kegiatan Jurnalis Goes To School untuk memberikan pelatihan kepada para siswa-siswi untuk lebih gemar menulis,” ucapnya.

Afwan juga menyampaikan bahwa para narasumber akan memberikan pelatihan dasar tentang dunia jurnalis, sehingga nantinya para siswa-siswi dapat menulis untuk mengisi berita-berita di website SMA Negeri 1 Sibolga.  “Sehingga diharapkan nantinya, para siswa-siswi dapat mampu menulis berita sederhana untuk mengisi website yang akan dibuka oleh SMA Negeri 1 Sibolga sehingga dapat diakses oleh khalayak ramai,” harapnya. (amir/hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X