Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Inflasi Oktober 2013, Kota Sibolga Kembali Tertinggi di Sumut

SIBOLGA – Dari hasil rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID yang diadakan di Gedung Graha Aulia Bank Indonesia (BI), Jumat (8/11), diketahui bahwa tingkat inflasi di Kota Sibolga untuk bulan Oktober 2013 lalu mencapai 1,25 %. Angka ini sekaligus menjadi yang tertinggi di Sumatera Utara dari rata-rata inflasi Sumatera Utara yang mencapai 0,94 %.

Hal ini disebabkan tingginya harga komoditas di pasaran Kota Sibolga terutama komoditas yang berasal dari sub kelompok bumbu-bumbuan yaitu cabe merah dan bawang merah. Tingginya harga komoditas ini diakibatkan kurangnya pasokan dari tingkat distributor hingga tingkat pengecer.

Menurut pantauan Badan Pusat Statisitik (BPS) Kota Sibolga, dari beberapa Kota/Kabupaten di Sumatera Utara, rata-rata yang menjadi penyebab tingginya tingkat inflasi di masing-masing daerah tersebut di dominasi oleh inflasi yang berasal dari Komoditas Sub Kelompok Bumbu-bumbuan tadi, sedangkan komoditas pangan lain (daging, ayam ras, beras, dan ikan) hanya sebatas perlu mendapatkan perhatian saja. (alka)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X