Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE- 53 TAHUN, WALI KOTA AJAK MASYARAKAT BULATKAN TEKAD BERPERILAKU HIDUP SEHAT

SIBOLGAWali Kota Sibolga Drs.H.M. Syarfi Hutauruk, MM, memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional Ke – 53 tahun,  di Lapangan Simare – mare Kota Sibolga, Senin (20/11) pagi.Upacara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah M. Sugeng, para pimpinan OPD, TNI/POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan para pelajar dari berbagai sekolah serta para mahasiswa.Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke – 53 tahun ini mengangkat tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

Wali Kota Sibolga Drs.H.M. Syarfi Hutauruk, MM, saat membacakan amanat Menteri Kesehatan RI menyampaikan, bahwa tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Dalam amanat Menteri Kesehatan RI dijelaskan, bahwa Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi dari pelaksanaan program – program kesehatan, baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya  kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, sehinggga jika pendekatan keluarga ini dilaksanakan dengan baik maka dapat dipastikan akan meningkatkan capaian SPM bidang kesehatan di Kabupaten/Kota.

Dilanjutkan, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Dengan Germas, Kementerian Kesehatan RI mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam memujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Di peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke – 53 tahun ini, Wali Kota Drs. H. M. Syarfi Hutauruk turut menghimbau agar peringatan hari kesehatan nasional saat ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita  semua, untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta terus berupaya menyadarkan agar mandiri dalam aspek kesehatan, dan juga mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan.

Pada  kesempatan ini, Pemko Sibolga melalui Wali Kota Sibolga melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Kota Sibolga yang ditandai dengan  penandatanganan  Komitmen Universal Health Coverage ( UHC ) 2018. Perlu diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X