Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL “EMAS”, PERINGATAN HARI NUSANTARA KE- 15, HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL SERTA HARI IKAN NASIONAL DI KOTA SIBOLGA TAHUN 2014

SIBOLGA – Kota Sibolga pada hari ini, Jumat (12/12) melaksanakan upacara bendera di lapangan Simare-mare dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional “Emas”, peringatan Hari Nusantara ke- 15, hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, serta Hari Ikan Nasional. Dimana Wali Kota Sibolga bertindak sebagai Pembina upacara, dan Kapten (E) Arief Subaedi bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara ini diikuti oleh barisan PNS lingkungan Pemerintah Kota Sibolga, TNI, POLRI, Mahasiswa, siswa, dan pelaku usaha perikanan.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan bahwa thema HKN ke-50 adalah Indoensia cinta sehat, dengan sub thema sehat bangsaku sehat negeriku. Pemilihan thema ini mempunyai makna pengting yakni menjadikan budaya hidup sehat adalah bagian dari keseharian bangsa ini, disamping harapan bersama akan sehat untuk kita semua sebagaiu suatu bangsa yang semakin bermartabat.

Pada kesempatan ini Syarfi mengucapkan selamat Hari Kesehatan nasionl ke 50 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh masyarakat sebangsa dan setanah air, dimanapun saudara melaksanakan pengabdian, baik difasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

Syarfi menambahkan bahwasanya Presiden telah mengarahkan kepada seluruh Menteri dalam kabinet kerja untuk sungguh-sungguh melakukan perbuatan nyata bagi masyarakat. Rakyat, dimanapun berada, harus merasakan keberadaan pemerintah dan pemerintah daerah dalam bentuk pelayanan cepat, tanggap dan transparan, guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong sebagai ciri kepribadian bangsa. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, Syarfi mengajak kita semua bergandengan tangan, bahu membahu saling mendukung untuk mempertahankan hal-hal yang telah kita capai, dan bekerja lebih keras lagi untuk mencapai target-target pembangunan yang telah kita tetapkan.

Agenda pembangunan kesehatan tahun 2015 – 2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Setiap orang mendapatkan hak pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan, ditempat pelayanan kesehatan yang terstandar, dilayani oleh tenaga kesehatan yang kompeten, menggunakan standar pelayanan dengan biaya terjangkau serta mendapatkan informasi yang akurat atas kebutuhan pelayanan kesehatannya, tambahnya.

Dalam rangka mewujudkan misi pemerintahan periode 2014 – 2019 sejalan dengan tema HKN ini, Menteri Kesehatan RI meminta perhatian beberapa hal diantaranya ; pembangunan kesehatan, pendekatan sasaran pokok pembangunan kesehatan seperti kepada ibu hamil, bayi dan balita, anak usia sekolah dan remaja, pasangan usia subur serta lansia ; diperlukan pelibatan aktif; pola kepemimpinan yang harus dirubah dari pasif menjadi aktif merespon dan mengantisipasi persoalan yang ada ; tata kelola program dan administrasi terus menerus di tingkatkan.

Kesadaran komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, pengembangan infrastruktur juga harus kita tumbuhkan. Kita juga harus berani menghapuskan semua aktivitas yang merusak lingkungan, mengeksploitasi sumber daya kelautan, harapnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota juga memberikan bantuan kepada Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Sibolga berupa 1 kapal latih, 3 buah kapal tangkap kepada nelayan, kapal patroli/ kapal pengawas kepada Dinas Kelautan Perikanan (DKP), pemberian alat tangkap berupa jaring salam, jaring kapiting, keranjang ikan, fiber, dll kepada nelayan dan pelaku usaha perikanan. Juga Pemberian penghargaan kepada puskesmas pelayanan terbaik, dokter umum terbaik, dokter spesialis terbaik, apotik terbaik, bidan terbaik tingkat Kota Sibolga, serta penyerahan piala Manggala Karya Bhakti Husada kepada Dinas Kesehatan Kota Sibolga yang diterima langsung oleh Kadis Kesehatan Yusuf Batubara.

Ketua PKK Kota Sibolga Demeria Sikumbang turut memberikan bantuan berupa tanaman cabe, terong, kunyit, tomat kepada ibu Ketua PKK kelurahan se-Kota Sibolga.

Dan diakhir acara ini dilakukan pelepasan burung dalam rangka memperingati hari cinta puspa dan satwa Kota Sibolga yang dilakukan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD, Sekda, dan Muspida.     (hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X