Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

5 Kelurahan se-Kota Sibolga Ikuti Perlombaan Kelurahan Percontohan Tingkat Provsu

SIBOLGA – Ny. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho Ketua tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melalui perwakilannya ibu Delyana, Selasa (21/10) kemarin turun melakukan monitoring dan evaluasi Kelurahan Percontohan PKK Tahun 2014 di Kota Sibolga.

Pada pelaksanaan monitoring dan evaluasi ada beberapa poin penilaian yang dilakukan antara lain Tertib Administrasi, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan Ekonomi Keluarga (UP2PKK), pemanfaatan lahan pekarangan, pemanfaatan hasil toga dan lainnya. Namun pada penilaian itu, tim dari provinsi tersebut hanya melakukan evaluasi melalui ekspos (pemaparan) langsung oleh lima (5) kelurahan percontohan yang ada di Kota Sibolga yang kegiatannya dipusatkan di gedung Nasional. Kelima (5) kelurahan percontohan tersebut yakni Kelurahan Aek Parombunan, Kelurahan Aek Habil, Kelurahan Aek Muara Pinang, Kelurahan Pasar Belakang, dan Kelurahan Angin Nauli.

Ny. Sutias melalui perwakilan ketua rombongan tim monitoring dan evaluasi Delyana menyebutkan, bahwa monitoring dan evaluasi ini sangat perlu dilakukan karena dapat melihat langsung kerja dilapangan serta mengevaluasi sejauh-mana sudah dikerjakan dan sejauh-mana tingkat keberhasilannya didaerah. Bilamana suatu program kerja yang besar namun kemudian tidak dimonitoring dan dilakukan evaluasi, maka berpotensi tidak berhasil dan jauh dari yang diharapkan.

Dia mengungkapkan, pada perlombaan kelurahan tingkat Provsu yang kegiatannya telah dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2014, tim monitoring dan evaluasi dari Provinsi akan mencari enam (6) kelurahan terbaik dari tingkat kabupaten dan tiga (3)kelurahan terbaik dari tingkat kota. Bagi kelurahan terbaik (juara 1) se-Sumut nantinya akan dimajukan sebagai peserta lomba kelurahan percontohan untuk tingkat nasional mendatang.“Pada tingkat nasional  nantinya, tim dari tingkat nasional yang akan turun kemudian untuk melakukan penilaian,” ujar Delyana.

Sebelumnya, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam arahannya pada acara penyambutan tim monitoring kelurahan percontohan Provsu menghimbau kepada TP PKK Kota Sibolga agar segala sesuatu yang disampaikan tim monitoring dicermati dengan sungguh – sungguh serta diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan monitoring kelurahan percontohan PKK tahun 2014 tingkat Provsu dapat terwujud.

Selain itu ungkap Syarfi, kegiatan monitoring ini juga bertujuan untuk mengamati dan mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, sehingga diharapkan menjadi bahan acuan dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“Yang tidak kalah penting juga, kegiatan ini sekaligus untuk dapat mengetahui besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, serta kemajuan kelurahan yang telah dibina oleh TP PKK. Karena program PKK merupakan gerakan pembangunan yang tumbuh dari bawah dikelola dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera,” tandas Syarfi.   (Iwan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X