Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

BADAN KB DAN PP GELAR PERINGATAN HARI KELUARGA KE- XXIII KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Badan KB dan PP Kota Sibolga menggelar Peringatan Hari Keluarga Ke-XXIII Kota Sibolga Tahun 2016, yang bertempat di Gedung Nasional Kota Sibolga, Selasa (23/8). Dengan thema “Hari Keluarga Merupakan Momentum Upaya Membangun Karakter Masyarakat Mewujudkan Sibolga Nauli Yang Sejahtera”. Dan motto “Keluarga berkarakter Sibolga Sejahtera”.

Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang saat membacakan sambutan Wali Kota Sibolga menyampaikan, melalui momentum Peringatan Hari Keluarga Ke-XXIII Kota Sibolga Tahun 2016 ini, diharapkan dapat mengingatkan keluarga dan masyarakat akan betapa pentingnya peran dan kontribusi keluarga dalam membangun karakter tiap-tiap individu demi keberhasilan pembangunan bangsa dan negara. Keluarga kecil yang berkarakter mempunyai potensi dan peluang yang lebih besar dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan bangsa.

“Kesejahteraan keluarga akan lebih mudah dicapai apabila anak pada keluarga inti jumlahnya ideal yakni 2 orang saja, sesuai dengan motto keluarga berencana, dua anak cukup”. Kondisi ini bisa diwujudkan melalui program Keluarga Berencana dengan cara mengatur jarak kelahiran dan jumlah anak serta melaksanakan delapan fungsi keluarga secara baik,” ucapnya.

Sebagai salah satu program pembangunan nasional, program KB mempunyai arti penting dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Program KB nasional merupakan rangkaian pembangunan keluarga kecil berkualitas. Pembangunan ini diarahkan sebagai upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkan kualitas penduduk melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera. Hal ini sebagai langkah penting untuk mencapai penduduk tumbuh seimbang dalam pembangunan yang diarahkan sebagai upaya pengendalian kualitas penduduk dan peningkatan kualitas penduduk yang sangat strategis bagi upaya peningkatan kemajuan suatu bangsa.

“Orangtua dari keluarga ideal dengan sendirinya lebih mudah untuk memberikan perhatian, kasih sayang, pemenuhan gizi, kesehatan, asuhan dan pendidikan baik formal maupun non formal demi membentuk karakter yang kuat dan positif dari generasi-generasi penerus bangsa. Anak adalah aset keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, sehingga apabila anak dan keluarga harmonis dan berkarakter, ibarat tunas-tunas akan tumbuh subur di habitat yang sesuai serta pemeliharaan yang baik, niscaya tunas yang baik dan sehat akan menambahkan panen yang berlimpah,”pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid KS/PK BKKBN Provinsi Sumatera Utara Lucy Destriati saat membacakan kata sambutan Kepala Badan KB Provinsi Sumatera Utara menyampaikan, bahwa hari keluarga menjadi pertanda dimulainya hari kebangkitan kesadaran keluarga Indonesia untuk membangun dirinya ke arah keluarga kecil melalui keluarga berencana.

Ditengah antusiasme dan keceriaan kita memperingati Harganas, faktanya pekerjaan rumah kita masih banyak. Tekanan ekonomi dan kurangnya pemahaman dari keluarga miskin  yang umumnya memiliki jumlah anak banyak, membuat keluarga tidak mampu memberikan perhatian yang cukup terhadap kebutuhan anggota keluarga, khususnya anak-anak.

“Kita mengharapkan keluarga Indonesia adalah keluarga yang baik, keluarga yang tentram, keluarga yang damai, keluarga yang tidak suka kekerasan, keluarga yang selamat dari berbagai godaan kejahatan, keluarga yang berakhlak dan religius, keluarga yang menjunjung tinggi kebersamaan dan keluarga yang mencerminkan kepribadian dan jati diri bangsa kita, bangsa Indonesia yang santun dan bertoleransi,” ucapnya.

Kabid KS Badan KB dan PP Kota Sibolga Ralisma Marbun saat membacakan laporan Kepala Badan KB Kota Sibolga menyampaikan bahwa tujuan Peringatan Hari Keluarga Ke-XXIII adalah, pertama ; meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat untuk melanjutkan dan mengembangkan program pembangunan keluarga. Kedua, meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam upaya membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Ketiga yakni, membangun karakter keluarga sebagai dasar dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh. Dan keempat adalah memantapkan program kependudukan dan keluarga berencana nasional demi mewujudkan Indonesia sejahtera.

Lanjut Ralisma, dalam memeriahkan Peringatan Hari Keluarga Ke-XXIII Kota Sibolga Tahun 2016 telah dilaksanakan berbagai lomba dan kegiatan tingkat Kota Sibolga, yakni lomba petugas lapangan KB (PLKB) dan Penyuluh KB (PKB) teladan. Lomba pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD), lomba sub pembantu pembina keluarga berencana desa (Sub PPKBD), lomba kader bina keluarga balita (BKB) percontohan, lomba kader BKR, lomba kelompok BKL, lomba UPPKS, lomba PIK Remaja dan lomba keluarga harmonis dan sejahtera.

“Sementara itu dari hasil penilaian beberapa lomba yang diadakan sesuai dengan nilai komulatif ditetapkan sebagai juara umum adalah Kecamatan Sibolga Kota dengan nilai 730,” ungkapnya.

Dikesempatan ini, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Doharta Hutabarat S.Pd, M.A.P bersama unsur Forkopimda Kota Sibolga  melakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba serta peninjauan pelayanan KB.    (Amir/Hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X