Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

GUBSU: “PRAMUKA SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA”

SIBOLGAGubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho mengungkapkan, gerakan pramuka merupakan media yang tepat membangun karakter generasi muda menjadi manusia yang berwatak kuat, beretika dan berbudi luhur serta berkepribadian tangguh.

“Selain itu, generasi muda kita juga dituntut dapat menguasai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga dapat hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia,” ujar Gatot Pujonugroho diacara puncak peringatan HUT ke 52 Gerakan Pramuka Sumatera Utara yang tahun 2013 ini dipusatkan di Lapangan Simaremare, Sibolga, Sabtu (28/9).

Gatot yang juga ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumut menambahkan, generasi muda harus menanamkan budaya antri dalam kepribadian masing-masing. Budaya antri, budaya hidup bersih dan kerukunan hidup bertetangga merupakan contoh pendidikan akhlak, watak dan kepribadian yang secara jujur perlu digalakkan.

“Saat ini, kaum muda kita dihadapkan dua masalah besar yaitu, masalah sosial dan masalah kebangsaan. Tentunya, kita tak ingin generasi muda kita terjebak dalam penggunaan napza dan obat terlarang. Pergaulan seks bebas, perkelahian, tawuran dan tindak kekerasan serta kriminalitas remaja,” sebut Gatot.

Demikian pula, masalah kebangsaan yang meliputi, solidaritas sosial yang rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela negara rendah, semangat nasionalis yang rendah. Maka itu, Gerakan Pramuka sebagai ajang pendidikan non formal memiliki andil kuat dalam pembangunan karakter generasi muda.

“Mulai tahun 2013 ini, kegiatan pramuka masuk dalam kurikulum ekstrakurikuler wajib di sekolah. Sehingga, generasi muda kita tidak mengenal gerakan pramuka dari baju seragamnya saja. Setiap sekolah wajib mendirikan Gugus Depan (Gudep). Pemerintah akan berupaya menyediakan sarana dan prasarana pendukung serta menyediakan dana operasionalnya, karena pembiayaan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan gerakan pramuka sangat besar,” kata Gatot.

Walikota Sibolga, HM Syarfi Hutauruk, selaku tuan rumah, juga menaruh harapan yang sama, momen peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-52, Tingkat Provinsi Sumut di Kota Sibolga, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pramuka dalam proses pembangunan generasi muda yang berkarakter.

“Generasi muda saat ini adalah generasi emas yang diharapkan mampu menjadikan nilai dan tradisi bangsanya sebagai sumber inspirasi, menggemakan gagasan perubahan, baik pada tatanan nasional maupun secara global,” ungkap Syarfi.(Alex Hutauruk)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X