Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA LEPAS GERAK JALAN SANTAI BERSAMA MASYARAKAT

SIBOLGA –  Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-69, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga menggelar gerak jalan santai bersama masyarakat Kota Sibolga, sekaligus pelepasan perlombaan gerak jalan tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Sibolga yang dilepas langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM didampingi Wakil Wali Kota Sibolga, Muspida, didepan Kantor Wali Kota Sibolga, Minggu (14/08).

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk menyampaikan bahwa Koperasi di Kota Sibolga telah tumbuh dan berkembang, dengan jumlah koperasi sebanyak 209 koperasi dengan jumlah anggota lebih kurang 12 ribu orang. Dengan demikian koperasi akan menopang dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Sibolga. “Mudah-mudahan di Kota Sibolga dapat menyumbang secara nasional pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik,” katanya.

Masih dikatakan Syarfi, Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden RI Jokowi saat ini menggiatkan sektor koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia agar sektor riil dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dirinya berharap kepada Kepala Dinas Perindagkop Kota Sibolga agar benar-benar serius membina koperasi yang ada, izin-izin untuk mendirikan pengurusan koperasi harus dipermudah dan mengurangi biaya-biaya pengurusan perizinan pendirian koperasi.

“Koperasi harus dibina agar koperasi benar-benar dapat mensejahterakan anggota, bukan untuk mengurus kepentingan pengurus, karena banyak sekarang koperasi hanya untuk kepentingan segelintir pengurus, sementara kesejahteraan anggota tidak merasakan manfaat dari koperasi tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Sibolga Ir. Robinhot Panjaitan yang didampingi Kepala Badan KB dan PP Kota Sibolga dr. Yushari Banjarnahor menyampaikan, jalan santai yang dilaksanakan oleh Dinas Perindagkop dan UKM Kota Sibolga bersama Dinas Badan KB dan PP Kota Sibolga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-69, Hari Konsumen Nasional Ke-4, Hari Keluarga Ke-23 dan HUT RI- Ke-71.

Dalam laporannya Robinhot mengatakan, bahwa jumlah koperasi di Kota Sibolga saat ini terdiri dari 209 koperasi yang masih butuh pembinaan dan perlu diberikan perkuatan modal meskipun ada beberapa koperasi sudah mampu membiayai koperasi sendiri dan memiliki SDM yang handal dalam pengelolaan koperasi.

Meskipun koperasi di Kota Sibolga terbilang hebat, tetapi pada peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-69 Provinsi Sumatera Utara, tanggal 8 Agustus 2016 yang lalu, Kota Sibolga mendapat penghargaan penggiat dan pengurus koperasi berprestasi atas nama Dekopinda Kota Sibolga yaitu bapak Nurdin Z dan KPN Bhakti Husada Kota Sibolga atas nama Drs. Firmansyah Hulu Apt, M.Kes selaku Ketua Koperasi dan Resdi Dorlince Sianturi, SE selaku bendahara,” katanya.

Lanjut Robinhot, atas nama panitia Hari Koperasi Ke-69 dan Hari Konsumen Nasional Ke-4 Kota Sibolga tahun 2016, dirinya menyampaikan ucapan selamat kepada penggiat/pengurus koperasi yang berprestasi atas keberhasilan dan penghargaan yang telah didapat. “Semoga koperasi kita kedepan akan lebih baik dan berkembang pesat, sehingga reformasi koperasi mewujudkan ekonomi berdikari  dapat terwujud, dan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang memberikan bantuan dan partisipasinya demi suksesnya kegiatan ini,” tandasnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kota Sibolga Drs M. Sugeng, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Doharta Hutabarat S.Pd, M.A.P, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori SH, pimpinan SKPD Kota Sibolga serta masyarakat Kota Sibolga.         (hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X