Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

POLRES SIBOLGA GELAR PASUKAN RENCANA KONTIJENSI AMAN NUSA TOBA II 2016

SIBOLGA – Kapolres Sibolga AKBP Didi Wahyudi,SIK,MM pimpin apel gelar pasukan Rencana Kontinjensi Aman Nusa Toba II Tahun 2016 dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Suamatera Utara, yang dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Rabu (24/2).

Apel diikuti oleh para pejabat Polresta Sibolga, para Kapolsek, seluruh anggota Polres Sibolga dan perwakilan Polsek jajaran. Apel dimaksudkan dalam rangka kesiap-siagaan personel Polres Sibolga dalam rangka menghadapi dan menangani kejadian bencana alam di wilayah Sumatera Utara khususnya Kota Sibolga.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Sibolga dalam sambutannya mengatakan, upacara ini adalah merupakan tindaklanjut dari surat telegram Kapolda Sumatera Utara : Str/54/11/16 tanggal 8 Februari 2016 tentang Jukrah penanganan bencana alam di wilayah Sumatera Utara sebagai tindak lanjut dari rencana Kontijensi Polda Sumatera Utara Aman Nusa Toba-2016 Nomor: R/RENKON/02/11/2016 tanggal 06 februari 2016 tentang kesiapan menghadapi Kontijensi bencana tahun 2016. 

Sebagai daerah yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga ulah manusia, kejadian bencana di Indonesia secara khusus di wilayah Kota Sibolga terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana bencana kebakaran bukit dan lahan masyarakat serta tanah longsor yang sering terjadi diikuti oleh jenis bencana lainnya seperti banjir yang terjadi  di Kelurahan Aek Muara Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga beberapa waktu lalu.

Berbagai bencana tersebut dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak spikologis. Selain itu, bencana tersebut menimbulkan permasalahan yang lain seperti pemenuhan kebutuhan hidup bagi masyarakat pengungsi, kerawanan penyakit menular, serta keamanan harta benda yang ditinggalkan para pengungsi. Mencermati hal tersebut, Polri melakukan langkah-langkah proaktif membantu masyarakat yang terkena bencana. Polri bertugas melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia (HAM). 

Turut hadir dalam gelar pasukan tersebut Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Dandim 0211/TT Letkol. Indra Kurnia, Kepala Basarnas Torang M Hutahaean, Kalak BPBD Sibolga DT Tamba, Ketua FKUB Sarmadan Daulay, Kakan Satpol PP Sibolga Singkat Sijabat, Direktur RSU FL Tobing Dr. Masrip Sarumpaet dan Lurah Se-Kota Sibolga.           (ben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X