Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

BADAN KB DAN PP GELAR PENCANANGAN KESATUAN GERAK PKK-KB-KESEHATAN TAHUN 2016

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga melalui Badan Keluarga Berencana (KB) dan Pemberdayaan Perempuan (PP) Kota Sibolga menggelar kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2016, di Gedung Aula Yenny Sopo Holong Sibolga, Senin (5/12).

Asisten III Josua Hutapea S.Sos saat membacakan kata sambutan Walikota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM mengatakan, bahwa pembangunan yang sedang berjalan di daerah pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan tersebut dapat tercapai apabila terwujudnya kesejahteraan di setiap keluarga. “Dua hal yang sangat menentukan terwujudnya kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa adalah kesehatan dan perencanaan berkeluarga melalui keluarga berencana. Namun kedua hal itu pula yang masih sangat kurang mendapat perhatian dari sebahagian warga masyarakat kita,” ucapnya.

Masih dikatakan Josua, tanpa kesehatan dan perencanaan keluarga yang baik, rasanya mustahil suatu keluarga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas, bahagia dan sejahtera, guna membangun masyarakat, bangsa dan negara kita yang maju dan kuat. “Sebagai salah satu program pembangunan nasional, program KB mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia sejahtera disamping program lainnya. Program KB Nasional merupakan rangkaian pembangunan kependudukan dan keluarga kecil, berkualitas sebagai langkah penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan,” imbuhnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Hj. Delmeria yang diwakili oleh Wakil Ketua Doharta Ida Hutabarat menyampaikan, bahwa merupakan peluang atau kesempatan bagi kita bersama untuk ikut berpartisipasi memperhatikan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga derajat kesejahteraan keluarga mampu kita capai.

“Tim Penggerak PKK di Kota Sibolga selama ini telah berupaya secara maksimal dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga melalui berbagai kegiatan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, berbagai upaya geraka PKK dilaksanakan secara terprogram unsur tim penggerak PKK baik dari tingkat terendah hingga tingkat pusat,” kata Doharta Hutabarat.

Sebelumnya, Kepala Badan KB dan PP Kota Sibolga dr. Yushari Banjarnahor dalam laporannya menyampaikan, adapun thema dari kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2016 yakni “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK KB  Kesehatan Tahun 2016, Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Dasa Wisma.

 

Yushari membeberkan, bahwa dalam rangka Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2016 akan dilaksanakan berbagai kegiatan, yakni pengendalian keluarga berencana berupa pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. Pembinaan ketahanan keluarga seperti pembinaan kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL serta kelompok UPPKS. Pembinaan institusi masyarakat, terhadap dasa wisma, dibidang kesehatan dan penilaian kelurahan terbaik pelaksanaan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2016.

Di kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan MoU untuk mensukseskan kegiatan kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2016 oleh Ketua TP.PKK Kecamatan se-Kota Sibolga, Kepala Puskesmas se-Kota Sibolga dan koordinator PLKB se-Kota Sibolga yang disaksikan oleh Asisten III Josua Hutapea, Wakil Ketua TP PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat S.Pd, unsur Muspida, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga M Yusuf Batubara S.K.M, dan Kepala Badan KB dan PP Kota Sibolga dr. Yushari Banjarnahor. Kemudian dilanjutkan pemberian bantuan peralatan dari Dinas Perindagkop Tahun 2016 bagi UKM dan kader PKK Kota Sibolga.(amir/rian)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X